masukkan script iklan disini
BAB SIWAK
(Brushing Teeth)
1.
MEKANISME
BERSIWAK YANG PALING UTAMA
Segala sesuatu untuk
mendapatkan hasil yang maksimal, pasti ada trik-triknya tersendiri. Begitu juga
dalam bersiwak, tak luput dari tatacara. Bagaimana cara menggunakan siwak yang
lebih utama?
Jawab: Siwak
dipegang dengan tangan kanan, kemudian diletakkan di atas ibu jari dan jari
kelingking. Sedangkan untuk tiga jari yang lain berada di atas siwak. Bersiwak dimulai
dari arah kanan mulut. Selanjutnya menggunakan siwak dengan pelan-pelan pada
bagian gigi, baik gigi sisi yang atas maupun bawah dan juga gigi bagian luar
dan dalam. Setelah itu, kemudian siwak diarahkan ke mulut bagian kiri.
Referensi:
&
الشيخ إبرهيم
البيجوري الجزء 1 صحـ :
44 - 45 مكتبة دار الكتب العلمية
وَأَنْ يَسْتَاكَ
بِيَمِيْنِهِ وَيَبْدَأَ بِالْجَانِبِ اْلأَيْمَنِ مِنْ فَمِّهِ وَأَنْ يُمِرَّهَ
عَلَى سَقْفِ حَلْقِهِ إِمْرَارًا لَطِيْفًا وَعَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ (قَوْلُهُ
وَأَنْ يَّسْتَاكَ بَيَمِيْنِهِ) أَيْ ِلأَنَّهَا لِلتَّكْرِمَةِ وَلَيْسَتْ مُبَاشِرَةً
لِلْقَذَرِ وَبِهَذَا فَارَقَ اِلاسْتِنْجَاءَ وَنَحْوَهُ وَيُسَنُّ أَنْ يَّجْعَلَ
الْخِنْصِرَ مِنْ أَسْفَلِهِ وَالْبِنْصِرَ وَالْوُسْطَى وَالسَّبَابَةَ فَوْقَهُ
وَاْلإِبْهَامَ أَسْفَلَ رَأْسِهِ ثُمَّ يَضَعَهُ بَعْدَ أَن يَّسْتَاكَ خَلْفَ أُذُنِهِ
الْيُسْرَى لِخَبَرٍ فِيْهِ وَاقْتِدَاءٍ بِالصَّحَابَةِ - إلي أن قال - (قَوْلُهُ
وَيْبَدَأَ بِالْجَانِبِ اْلأَيْمَنِ مِنْ فَمِهِ) أَىْ إِلَى نِصْفِهِ وَيُثَنِّيَ
بَالْجِانِبِ اْلأَيْسَرِ ِإِلَى نِصْفِهِ أَيْضًا مِنْ دَاخِلِ اْلأَسْنَانِ وَخَارِجِهَا
(قَوْلُهُ وَأَن يُّمِرَّهُ عَلَى سَقْفِ حَلْقِهِ) أَىْ بَعْدَ إِمْرَارِهِ عَلَى
كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ طُوْلاً وَعَرْضًا عَلَى بَقِيَّةِ أَسْنَانِهِ عَرْضًا وَعَلَى
لِسَانِهِ طُوْلاً فَالشَّارِخُ لَمْ يُرَتِّبْ وَلَمْ يُكَمِّلْ قَوْلُهُ إِمْرَارًا
لَطِيْفًا أَيْ لاَ شَدِيْدًا بِحَيْثُ لاَ يَتَأَذَّى بِذَلِكَ (قَوْلُهُ وَعَلَى
كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ) أَيْ طُوْلاً وَعَرْضًا وَعَلَى بَقِيَّةِ أَسْنَانِهِ عَرْضًا
وَعَلَى لِسَانِهِ طُوْلاً لاَعَرْضًا فَيُكْرَهُ فِىْ طُوْلِ اْلأَسْنَانِ وَعَرْضِ
اللِّسَانِ اهـ
2.
CAIRAN
PEMBERSIH MULUT SEBAGAI PENGGANTI SIWAK
Bicara masalah alat untuk
membersihkan gigi, di zaman sekarang ini banyak sekali modelnya, seperti cairan
pembersih mulut listerin, sanorin atau cooling, yang sekarang menjadi trend dikalangan
anak muda. Cukupkah bersiwak dengan menggunakan cairan pembersih mulut listerin,
sanorin dll.?
Jawab:
Belum cukup, sekalipun pembersih tersebut dapat membersihkan gigi serta
menghilangkan bau mulut.
Referensi:
&
نهاية
المحتاج الجزء 1 صحـ : 180 مكتبة دار الفكر
(
بِكُلِّ خَشِنٍ ) بِشَرْطِ أَنْ يَكُونَ طَاهِرًا فَلاَ يَكْفِي النَّجِسُ فِيمَا
يَظْهَرُ لِقَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ وَهَذَا
مَنْجَسَةٌ لَهُ وَخَرَجَ بِمَا ذُكِرَ الْمَضْمَضَةُ بِنَحْوِ مَاءِ الْغَاسُولِ
وَإِنْ أَنْقَى اْلأَسْنَانَ وَأَزَالَ الْقَلَحَ ِلأَنَّهَا لاَ تُسَمَّى
سِوَاكًا بِخِلاَفِهِ بِالْغَاسُوْلِ نَفْسِهِ اهـ
3.
ANTARA
ANJURAN DAN LARANGAN BERSIWAK
Terdapat sebuah Hadits yang
menjelaskan bahwa bersiwak bagi orang yang berpuasa setelah tergelincirnya
matahari adalah makruh. Sementara ada Hadits lain dengan tegas menyatakan,
bahwa sunah bersiwak setiap akan melaksanakan shalat, tidak terkecuali shalat Zhuhur,
dan Ashar.
لَخَلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ
أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ .(رواه البخاري)
"Bau mulutnya orang yang
berpuasa lebih harum dibandingkan
harumnya minyak misik".
(HR. AL-Bukhâry)
لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى
الْمُؤْمِنِيْنَ لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ .(رواه مسلم)
"Seandainya aku tidak
khawatir memberatkan kaum mukminin,
niscaya aku akan memerintahkan
mereka untuk bersiwak setiap hendak
melakukan shalat". (HR.
Muslim)
Dari dua keterangan ini mana yang harus didahulukan?
Jawab: Lebih
mendahulukan hukum makruhnya bersiwak. Karena mencegah kerusakan, dalam hal ini
menghilangkan bau, lebih diutamakan dari pada menarik pahala.
Referensi:
&
حاشية الجمل الجزء 1
صحـ : 119 – 120 مكتبة دار الفكر
فَإِنْ قُلْتَ يُعَارِضُ هَذَا
الْحَدِيثَ الدَّالَّ عَلَى كَرَاهَةِ اِلإِسْتِيَاكِ بَعْدَ الزَّوَالِ اْلأَحَادِيثُ
الدَّالَّةُ عَلَى طَلَبِ السِّوَاكِ لِكُلِّ صَلاَةٍ الشَّامِلَةُ لِصَلاَةِ
الظُّهْرِ الَّتِي بَعْدَ الزَّوَالِ فَلِمَ قُدِّمَ عَلَيْهَا أُجِيْبَ بِأَنَّهُ
قُدِّمَ عَلَيْهَا ِلأَنَّ فِيْهِ دَرْءَ مَفْسَدَةٍ وَهِيَ إزَالَةُ التَّغَيُّرِ
وَتِلْكَ اْلأَحَادِيثُ فِيهَا جَلْبُ مَنْفَعَةٍ وَدَرْءُ الْمَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ
عَلَى جَلْبِ الْمَصَالِحِ اهـ شَيْخُنَا ح ف اهـ
4.
KEHARUSAN
BERNIAT KETIKA BERSIWAK
Segala sesuatu tergantung
niatnya, begitu juga siwak. Apakah untuk mendapatkan kesunnahan siwak diharuskan
niat?
Jawab: Menurut Imam
ar-Romli harus niat, kecuali ketika di tengah-tengah melaksanakan ibadah. Namun
menurut Imam Barmâwi, niat hanya untuk penyempurna. Tanpa niat bersiwakpun
tetap dapat pahala.
Referensi:
&
حاشية الجمل الجزء 1
صحـ : 117 مكتبة دار الفكر
وَتَحْصُلُ السُّنَّةُ
الْكَامِلَةُ بِالنِّيَّةِ وَيَحْصُلُ أَصْلُهَا بِلاَ نِيَّةٍ مَا لَمْ يَكُنْ
فِي ضِمْنِ عِبَادَةٍ اهـ بَِرْمَاوِيّ
&
البيجوري الجزء 1
صحـ : 44 مكتبة دار الكتب العلمية
(قَوْلُهُ وَيُسَنُّ أَنْ
يَنْوِيَ بِالسِّوَاكِ السُّنَُّةَ) بِأَن يَّقُوْلَ نَوَيْتُ سُنَّةَ اِلاسْتِيَاكِ
فَلَوِ اسْتَاكَ اتَّفَاقًا مِنْ غَيْرِنِيَّةٍ لَمْ تَحْصُلِ السُّنَّةُ فَلاَ ثَوَابَ
لَهُ وَمَحَلُّّ ذَلِكَ مَا لَمْ يَكُنْ فِيْ ضِمْنِ عِبَادَةٍ كَأَنْ وَقَعَ بَعْدَ
نِيَّةِ الْوُضُوْءِ أَوْ بَعْدَ اْلإِحْرَامِ بِالصَّلاَةِ عَلَى مَا قَالَهُ الْعَلاَّمَةُ
الرَّمْلِيُّ وَإِلاَّ فَلاَ يَحْتَاجُ لِنِيَّةٍ ِلأَنَّ نِيَّةَ مَا وَقَعَ فِيْهِ
شَمِلَتْهُ اهـ
5.
KRITERIA
MENDAPATKAN KESUNAHAN DALAM BERSIWAK
Siwak adalah benda kecil yang
fungsinya sangat komplek dan manfaatnya pun sangat banyak. Namun yang menjadi
persoalan adalah, apakah untuk mendapatkan kesunahan bersiwak diharuskan hilangnya
bau mulut?
Jawab: Tidak
harus, hanya saja yang lebih utama harus sampai menghilangkan bau mulut.
Referensi:
&
بجيرمي على الخطيب الجزء
1 صحـ : 121 مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ ِلإِذْهَابِ
التَّغَيُّرِ قَدْ يَقْتَضِيْ هَذَا أَنَّ السُّنَّةَ تَتَوَقَّفُ عَلَى إذْهَابِ
التَّغَيُّرِ وَيُنَافِيْهِ قَوْلُ ابْنِ حَجَرٍ وَأَقَلُّهُ مَرَّةٌ إلاَ إنْ
كَانَ لِتَغَيُّرٍ فَلاَ بُدَّ مِنْ إزَالَتِهِ فِيمَا يَظْهَرُ وَيَحْتَمِلُ اِلاكْتِفَاءُ
بِهَا فِيهِ أَيْضًا ِلأَنَّهَا مُخَفَّفَةٌ وَيُجَابُ بِأَنَّ قَوْلَهُ ِلإِذْهَابِ
بَيَانٌ لِحِكْمَةِ مَشْرُوعِيَّتِهِ فَلاَ يُنَافِي أَنَّ أَصْلَ السُّنَّةِ لاَ
يَتَوَقَّفُ عَلَى ذَلِكَ وَعِبَارَةُ الْإِطْفِيحِيِّ وَأَقَلُّهُ مَرَّةٌ
وَاحِدَةٌ بِالنِّسْبَةِ ِلأَصْلِ السُّنَّةِ إلاَ أَنْ يَكُونَ لِتَغَيُّرٍ بِالْفَمِ
أَوْ قَلَحٍ بِاْلأَسْنَانِ فَلاَ بُدَّ مِنْ إزَالَتِهِ إنْ أَرَادَ تَمَامَ
السُّنَّةِ
6.
WAKTU
BERSIWAK DALAM WUDLU
Salah satu kesunahan wudlu
adalah bersiwak, namun hal ini banyak yang belum diketahui terutama kapan disunahkannya
bersiwak dalam wudlu. Kapankah bersiwak disunahkan ketika berwudlu?
Jawab: Menurut
Imam al-Romli sebelum membasuh kedua telapak tangan. Sedangkan menurut Ibn
Hajar setelah membasuh kedua telapak tangan.
Referensi:
&
بجيرمي على
الخطيب الجزء 1 صحـ : 121 مكتبة دار الفكر
وَقُدِّمَ عَلَى
الْوُضُوءِ ِلأَنَّهُ مِنْ سُنَنِ الْوُضُوءِ الْفِعْلِيَّةِ الْخَارِجَةِ عَنْهُ
عَلَى الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ م ر فَمَحَلُّهُ قَبْلَ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ
فَيَحْتَاجُ إلَى نِيَّةٍ عَلَى الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ م ر وَعِنْدَ ابْنِ حَجَرٍ
مَحَلُّهُ بَعْدَ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ فَلاَ يَحْتَاجُ إلَى نِيَّةٍ عِنْدَهُ ِلأَنَّ نِيَّةَ الْوُضُوءِ تَشْمَلُهُ
فَيَكُونُ مِنْ سُنَنِهِ الدَّاخِلَةِ اهـ
7.
BANGUN
TIDUR MENGGOSOK GIGI BAGI ORANG PUASA
Sudah hal biasa bagi orang
yang sedang berpuasa mulutnya berbau tidak sedap. Lebih-lebih jika bangun
tidur. Apakah menggosok gigi setelah tergelincirnya matahari untuk
menghilangkan bau mulut yang disebabkan tidur dihukumi makruh bagi orang yang berpuasa?
Jawab: Tidak
dimakruhkan.
Referensi:
&
أسنى
المطالب الجزء 1 صحـ : 36 مكتبة دار الكتاب الإسلامي
التَّقْيِيدُ
بِمَا بَعْدَ الزَّوَالِ لِِلاِحْتِرَازِ عَمَّا قَبْلَهُ فَإِنَّهُ لاَ يُكْرَهُ
لِحَدِيثِ السَّمْعَانِيِّ وَِلأَنَّ التَّغَيُّرَ إذْ ذَاكَ يَكُونُ مِنْ أَثَرِ
الطَّعَامِ وَبَعْدَ الزَّوَالِ يَكُونُ بِسَبَبِ الصِّيَامِ فَهُوَ الْمَشْهُودُ
لَهُ بِالطِّيْبِ هَكَذَا ذَكَرَهُ
الرَّافِعِيُّ وَغَيْرُهُ وَيَلْزَمُ مِنْهُ أَنْ يُفَرِّقُوا بَيْنَ مَنْ
يَتَسَحَّرُ وَبَيْنَ مَنْ لَمْ يَتَسَحَّرْ وَبَيْنَ مَنْ يَتَنَاوَلُ
بِاللَّيْلِ شَيْئًا وَبَيْنَ غَيْرِهِ وَلِهَذَا قَالَ الطَّبَرِيُّ فِي شَرْحِ
التَّنْبِيهِ لَوْ تَغَيَّرَ فَمُهُ بَعْدَ الزَّوَالِ بِسَبَبٍ آخَرَ كَنَوْمٍ
أَوْ وُصُولِ شَيْءٍ كَرِيهِ الرِّيحِ إلَى فَمِهِ فَاسْتَاكَ لِذَلِكَ لَمْ
يُكْرَهْ ج اهـ
8.
PUASA
SUNAH MENGGUNAKAN SIWAK
Dalam literatur klasik
diterangkan, bahwa orang yang berpuasa ketika telah masuk waktu Zhuhur, makruh
bersiwakan. Apakah hukum makruh bersiwak juga berlaku bagi orang yang berpuasa
sunah?
Jawab: Ya,
tetap dimakruhkan.
Referensi:
&
المجموع الجزء
1 صحـ : 331 مكتبة مطبعة المنيرية
وَالْمَشْهُورُ
الْكَرَاهَةُ وَسَوَاءٌ فِيْهِ صَوْمُ الْفَرْضِ وَالنَّفَلِ وَتَبْقَى الْكَرَاهَةُ
حَتَّى تَغْرُبَ الشَّمْسُ وَقَالَ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ حَتَّى يُفْطِرَ قَالَ
أَصْحَابُنَا وَإِنَّمَا فَرَّقْنَا بَيْنَ مَا قَبْلَ الزَّوَالِ وَبَعْدَهُ ِلأَنَّ
بَعْدَ الزَّوَالِ يَظْهَرُ كَوْنُ الْخُلُوفِ مِنْ خُلُوِّ الْمَعِدَّةِ بِسَبَبِ
الصَّوْمِ لاَ مِنْ الطَّعَامِ الشَّاغِلِ لِلْمَعِدَّةِ بِخِلاَفِ مَا قَبْلَ
الزَّوَالِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ .اهـ
9.
MENGHILANGKAN
BAU MULUT DENGAN JARI TANGAN
Bersiwak atau menggosok gigi bagi
orang yang puasa hukumnya makruh, sebab akan menghilangkan bau mulutnya. Apakah
menghilangkan bau mulut dengan berkumur disertai menggosok gigi dengan jari tetap
dimakruhkan bagi yang berpuasa?
Jawab: Ya,
hukumnya makruh.
Referensi:
&
تحفة
المحتاج في شرح المنهاج الجزء 1 صحـ : 224 مكتبة دار إحياء التراث العربي
(
تَنْبِيهٌ ) هَلْ تُكْرَهُ إزَالَةُ الْخُلُوفِ بَعْدَ الزَّوَالِ بِغَيْرِ
السِّوَاكِ كَأُصْبُعِهِ الْخَشِنَةِ الْمُتَّصِلَةِ ِلأَنَّ السِّوَاكَ لَمْ
يُكْرَهْ لِعَيْنِهِ بَلْ ِلإِزَالَتِهِ لَهُ كَمَا تَقَرَّرَ فَكَانَ مَلْحَظُ
الْكَرَاهَةِ زَوَالَهُ وَهُوَ أَعَمُّ مِنْ أَنْ يَكُونَ بِسِوَاكٍ أَوْ
بِغَيْرِهِ أَوَّلاً كَمَا دَلَّ عَلَيْهِ ظَاهِرُ تَقْيِيدِهِمْ إزَالَتَهُ
بِالسِّوَاكِ وَإِلاَّ لَقَالُوْا هُنَا أَوْ فِي الصَّوْمِ يُكْرَهُ لِلصَّائِمِ
إزَالَةُ الْخُلُوفِ بِسِوَاكٍ أَوْ غَيْرِهِ كُلٌّ مُحْتَمَلٌ وَاْلأَقْرَبُ
لِلْمُدْرَكِ اْلأَوَّلُ وَلِكَلاَمِهِمْ الثَّانِيْ فَتَأَمَّلْهُ اهـ
10.
MENINGGAL
DALAM KEADAAN PUASA GIGINYA DISIWAKI
Jika seseorang meninggal dalam
keadaan berpuasa. Apakah makruh kalau disiwaki?
Jawab: Tidak makruh,
karena hukum makruh berlaku disaat masih hidup. Sementara menurut Imam ar-Romli
hukumnya haram. Sebab bau mulut orang yang meninggal disaat berpuasa disamakan
dengan darahnya orang yang mati syahid (tidak boleh dihilangkan).
Referensi:
&
تحفة
المحتاج الجزء 1 صحـ : 223 مكتبة دار
إحياء التراث العربي
( بَعْدَ
الزَّوَالِ ) خَرَجَ بِهِ مَا لَوْ مَاتَ فَلاَ يُكْرَهُ ِلأَنَّ الصَّوْمَ
انْقَطَعَ بِالْمَوْتِ وَنُقِلَ عَنْ فَتَاوَى الشَّارِحِ م ر مَا يُوَافِقُهُ ع ش
عَلَى م ر وَفِي حَاشِيَتِهِ هُنَا أَيْ عَلَى الْمَنْهَجِ مَا نَصُّهُ فَرْعٌ
مَاتَ الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ هَلْ يَحْرُمُ عَلَى الْغَاسِلِ إزَالَةُ
خُلُوفِهِ بِسِوَاكٍ وَقِيَاسُ دَمِ الشَّهِيدِ الْحُرْمَةُ وَقَالَ بِهِ
الرَّمْلِيُّ اهـ بُجَيْرِمِيٌّ وَيَأْتِيْ عَنْ شَيْخِنَا مِثْلُهُ اهـ
&
بغية
المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي الجزء الأول صحـ : 31 مكتبة دار الفكر
وَلََوْ مَاتَ
الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ حَرُمَ إِزَالَةُ خُلُوْفِهِ بِالسِّوَاكِ قِيَاسًا
عَلَى دَمِّ الشَّهِيْدِ قَالَهُ م ر اهـ
بج
11.
DO’A
BERSIWAK
“Berjuang sekuat tenaga, tetapi jangan lupa,
perjuangan harus disertai dengan do’a”, itulah syair legendaris Roma Irama. Makanya,
dalam segala aktifitas jangan sampai lupa dengan yang namanya do’a, tak
terkecuali siwak. Adakah doa-doa tertentu sebelum bersiwak?
Jawab: Ada, do’anya sebagaimana
dibawah ini:
"اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ
أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِيْ وَبَارِكْ لِي فِيْهِ
يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ"
Referensi:
&
حاشية
البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 123 مكتبة دار الفكر
وَيَسْتَحِبُّ
بَعْضُهُمْ أَنْ يَقُولَ فِيْ أَوَّلِهِ اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ
وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَبَارِكْ لِي فِيْهِ يَا
أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ قَالَ النَّوَوِيُّ وَهَذَا لاَ بَأْسَ بِهِ اهـ
12.
BERSIWAK
DENGAN LENGAN BAJU
Sering kita lihat sebagian
para jamaah shalat sebelum melaksanakan shalat terlebih dahulu bersiwakan. Anehnya
diantara mereka ada yang siwakan dengan memakai lengan bajunya. Apakah bersiwak
dengan menggunakan lengan baju mendapat kesunahan?
Jawab: Ya, asalkan
lengan baju tersebut kasar serta dapat membersihkan gigi.
Referensi:
&
الحاوى
الكبير الماوردى الجزء 1 صحـ : 130 مكتبة دار الفكر
فَلَوْ
لَفَّ عَلَى أُصْبُعِهِ خِرْقَةً خَشِنَةً وَأَمَرَّهَا عَلَى أَسْنَانِهِ حَتَّى زَالَ
الصُّفْرَةُ وَالْخُلُوفُ فَقَدْ أَتَى بِسُنَّةِ السِّوَاكِ نَصَّ عَلَيْهِ
الشَّافِعِيُّ ِلأَنَّهُ يَقُومُ مَقَامَ الْعُوْدِ فِي اْلإِنْقَاءِ اهـ
13.
KEUTAMAAN
BERSIWAK
Tidak sedikit masyarakat yang
belum mengetahuI keutamaan siwak, mereka hanya mengira bahwa siwak hanya
sebatas amal yang sunah, tidak lebih dari itu. Adakah faidah tentang keutaman bersiwak?
Jawab: Banyak
sekali, diantaranya; Menambah kecerdasan, menghambat rabun senja, mengurangi
uban, melipat gandakan pahala, meringankan orang yang sakârat al-maut dan
dapat mengingatkan pada kalimat syahâdah ketika ajal akan menjemput.
Referensi:
&
بغية
المسترشدين صحـ : 31 مكتبة دار الفكر
[ فَائِدَةٌ
] مِنْ فَوَائِدِ السِّوَاكِ أَنَّهُ يُطَهِّرُ الْفَمِّ وَيُرْضِي الرَّبَّ وَيُبَيِّضُ
الأَسْنَانَ وَيُطَيِّبَ رَائِحَةَ الْفَمِّ وَيَشُدُّ اللِّثَةَ وَيُصَفِّي الْخِلْقَةَ
عَنْ نَحْوِ الْبُلْغَمِ وَيُذْكِي الْفِطْنَةَ وَيَقْطَعُ الرُّطُوْبَةَ وَيَجْلُو
الْبَصَرَ وَيُبْطِئُ الشَّيْبَ وَيُسَوِّي الظَّهْرَ وَيُضَاعِفُ اْلأَجْرَ وَيُسَهِّلُ
النَّزْعَ وَيُذَكِّرُ الشَّهَادَةَ عِنْدَ الْمَوْتِ وَيُوَرِّثُ السَّعَةَ وَالْغَنِىِّ
وَالْيَسَرَ وَيُسْكِنُ الصُّدَاعَ وَعُرُوْقَ الرَّأْسِ وَيُذْهِبُ وَجَعَ الضَّرْسِ
وَالْحَفَرِ وَيُصَحِّحُ الْمَعِدَّةِ وَيُقَوِّيْهَا وَيَزِيْدُ فِي الْفَصَاحَةِ
وَالْعَقْلِ وَيُطَهِّرُ الْقَلْبَ وَيُقَوِّي الْبَدَنَ وَيُنَمِّي الْوَلَدَ وَالْمَالَ
وَذَكَرَ بَعْضُهُمْ فَوَائِدَ أَخَرَ تَحْتَاجُ إِلَى تَوْقِيْفٍ اهـ إيعاب
14. BERSIWAK DITENGAH-TENGAH MELAKUKAN SHALAT
Kang Santri merupakan pemuda
yang tekun berjama’ah, tak ketinggalan pula dia selalu bersiwak sebelum
melaksanakan shalat. Pada suatu ketika, ia menemukan jama’ah yang hampir
selesai, sehingga tanpa pikir panjang ia langsung melakukan takbir tanpa
sebelumnya bersiwakan. Masih sunahkah bersiwak di tengah-tengah shalat, ketika
sebelumnya lupa tidak memakainya?
Jawab: Hukumnya
tetap disunahkan, asalkan dalam pelaksanaannya tidak sampai membatalkan shalat,
seperti bergerak lebih dari dua kali.
Referensi:
&
حاشية
البجيرمي على شرح المنهج الجزء 1 صحـ : 75 مكتبة دار الفكر العربي
إِذَا
نَسِيَ السِّوَاكَ أَوَّلَ الصَّلاةِ يَأْتِي بِهِ فِي أَثْنَاءِ الصَّلاةِ بِأَفْعَالٍ
قَلِيلَةٍ م ر ع ش لأَنَّ الْكَفَّ وَإِنْ كَانَ مَطْلُوبًا فِيهَا لَكِنْ
عَارَضَهُ طَلَبُ السِّوَاكِ لَهَا وَتَدَارُكُهُ فِيهَا مُمْكِنٌ أَلا تَرَى
طَلَبَ الشَّارِعِ دَفْعَ الْمَارِّ فِيهَا وَالتَّصْفِيقَ بِشُرُوطِهِ م ر اهـ
15.
KESAMAAN
SIKAT GIGI DENGAN SIWAK
Sudah maklum adanya bahwa
bersiwak adalah sebuah amal yang sunah hukumnya. Namun perkembangan zaman yang
begitu pesat, ternyata tak sedikit masyarakat yang tidak lagi menggunakan siwak
untuk membersihkan giginya, namun cukup dengan sikat ggi yang diberi pasta gigi
sebagai penghilang bau mulut. Apakah menggosok gigi dengan sikat gigi hukumnya
sama dengan siwak?
Jawab: Ya, hukumnya sama.
Referensi:
&
الفقه
الإسلامي الجزء 1 صحـ :
454 مكتبة دار الفكر المعاصر
اَلْمَبْحَثُ
الثَّانِيُ السِّوَاكُ تَعْرِيْفُهُ حُكْمُهُ كَيْفَيَّتُهُ فَوَائِدُهُ أَوَّلاً
تَعْرِيْفُ السِّوَاكِ السِّوَاكُ لُغَةً الدَلْكُ وَآلَتُهُ وَشَرْعاً
اسْتِعْمَالُ عُوْدٍ أَوْ نَحْوِهِ كَأَشْنَانٍ وَصَابُوْنٍ فِي اْلأَسْنَانِ
وَمَا حَوْلَهَا لِيُذْهِبَ الصُّفْرَةَ وَغَيْرَهَا عَنْهَا اهـ
والله أعلم