FIQIH SHOLAT | WAJIBNYA
AZM ( NIAT MELAKUKAN ) KEWAJIBAN PADA AWAL WAKTU BAGI ORANG YANG MENGAKHIRKAN MENGERJAKANNYA

masukkan script iklan disini
بغية المسترشدين
صـ 63
فائدة : يجب على
الشخص بدخول الوقت إما فعل الصلاة أو العزم عليها في الوقت وإلا عصي ، أي وإن
فعلها في الوقت اهـ ع ش ، اهـ (م ر) فإن مات بعد العزم والوقت يسعها لم يعص إلى ان
قال ومعنى العزم القصد
والتصميم على الفعل اهـ باجوري.
Makna Pesantren
“ Faidah : Wajib bagi
seseorang sebab masuknya waktu sholat yaitu adakalanya langsung mengerjakan
sholat atau azm ( niat melakukan ) nya pada waktunya. Dan jika ia tidak
demikian (maksudnya pada awal waktu tidak terbesit dalam hatinya niat mengerjakannya pada pertengahan atau akhir
waktu ), maka ia berdosa walaupun ia mengerjakannya pada waktunya, selesai .
jika ia meninggal setelah azm dan waktu masih muat untuk melakukan sholat, maka
ia tidak berdosa ( karena sudah azm ). Sampai pada perkataan pengarang... Dan makna
azm adalah ada keinginan dan tekad bulat untuk melakukannya, selesai Bajuri”.
فتح الوهاب بشرح
منهج الطلاب الجزء الأول صـ 35
وَوُجُوبُهَا
مُوسَعٌ إلَى أَنْ يَبْقَى مَا يَسَعُهَا فَإِنْ أَرَادَ تَأْخِيرَهَا إلَى
أَثْنَاءِ وَقْتِهَا لَزِمَهُ الْعَزْمُ عَلَى فِعْلِهَا عَلَى الْأَصَحِّ فِي
الْمَجْمُوعِ والتحقيق.
Makna Pesantren
“ Adapun wajibnya sholat
itu adalah wajib yang waktunya dilonggarkan sampai pada waktu yang muat untuk
melakukan sholat. Maka jika seseorang menghendaki untuk mengakhirkan
melakukannya pada pertengahan waktu, wajib baginya untuk azm ( ada keinginan dan tekad bulat ) untuk melakukannya
menurut pendapat yang paling shohih dalam Kitab Majmu’ dan At-Tahqiq ”.
الغرر البهية في
شرح البهجة الوردية الجزء الأول صـ 240
(قَوْلُهُ؛ لِأَنَّ بِدُخُولِهَا تَجِبُ) أَيْ وُجُوبًا مُوَسَّعًا
فَإِنْ أَرَادَ تَأْخِيرَهَا إلَى أَثْنَاءِ وَقْتِهَا أَوْ خَارِجِهِ لِجَمْعٍ
أَوْ لَمْ يُرِدْ شَيْئًا لَزِمَهُ الْعَزْمُ عَلَى فِعْلِهَا اهـ. شَرْحُ
الْمَنْهَجِ وَحَوَاشِيهِ.
Makna Pesantren
“ ( Perkataan pengarang ; ‘karena
dengan masuknya waktu, sholat itu wajib ) Maksudnya adalah wajib yang
dilonggarkan waktunya. Maka jika seseorang menghendaki untuk mengakhirkan
melakukannya sampai pada pertengahan waktu atau sampai keluar waktu bagi orang
yang menjamak sholat atau tidak mengehendaki apapun, wajib baginya untuk azm ( ada keinginan dan tekad bulat ) untuk
melakukannya ”.
البحر المحيط في
أصول الفقه للإمام الزركشي الجزء الأول صـ 279
وَالصَّحِيحُ
مِنْهُمَا كَمَا قَالَهُ النَّوَوِيُّ: وُجُوبُ الْعَزْمِ؛ وَلِهَذَا أَوْجَبُوهُ
عَلَى الْمُسَافِرِ فِي جَمْعِ التَّأْخِيرِ
Makna Pesantren
“ Adapun pendapat yang
paling shohih dari keduanya adalah sebagaimana keterangan Imam Nawawi yaitu
wajibnya azm. Dan karena hal inilah para Ulama mewajibkan azm bagi orang yang
bepergian yang mengehendaki jamak ta’khir ”.
الأشباه
والنظائر للسيوطي صـ 13
والتحقيق أن
الأصح في الصلاة وفي كل واجب موسع إذا لم يفعل في أول الوقت أنه لا بد عند التأخير
من العزم على فعله في أثناء الوقت والمعروف في الأصول خلاف ذلك، وقد جزم ابن
السبكي في جمع الجوامع بأنه لا يجب العزم على المؤخر. وأورد عليه ما ذكره النووي فيما تقدم فأجاب في منع
الموانع: بأن مثل هذا لا يؤخذ من التحقيق ; ولا من شرح المهذب، وأن القول بالوجوب
لا يعرف إلا عن القاضي ومن تبعه. قال: ولولا جلالة القاضي لقلت: إن هذا من أفحش
الأقوال، ولولا أني وجدته منصوصا في كلامه، منقولا في كلام الأثبات عنه، لجوزت
الزلل على الناقل لسفاهة هذا القول في نفسه، وهو قول مهجور في هذه الملة
الإسلامية، أعتقد أنه خارق لإجماع المسلمين، ليس لقائله شبهة يرتضيها محقق، وهو
معدود من هفوات القاضي، ومن العظائم في الدين، فإنه إيجاب بلا دليل. انتهى.