masukkan script iklan disini
PENGOBATAN NINGSIH TINAMPI DALAM KACA MATA SYARIAT
Deskripsi masalah
Pasuruan-Ningsih Tinampi mengungkap-kan rahasia kesaktian menyembuhkan orang sakit. Ia mengaku memiliki ilmu Al-Fatehah.
Ningsih Tinampi merupakan warga Gang Lambau, Dusun Lebaksari, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kini ia dikenal sebagai ahli pengobatan supranatural. Setiap hari ia mengobati ratusan pasien yang datang dari berbagai daerah.
Ningsih menyampaikan semua pasien yang datang kepadanya menderita sakit akibat santet, guna-guna, hingga kerasukan makhluk halus. Mantan karyawati sebuah perusahaan rokok ini bercerita soal asal-usul kesaktian yang dimilikinya.
Cerita Pasien Ningsih Tinampi yang Histeris Karena Kelamaan Antre
"Gimana ya. Pokoknya semuanya berawal dari suamiku. Dia punya selingkuhan. Terus aku kondisinya galau banget, sedih banget. Ya begitulah. Setiap hari pergi ke dukun, satu hari bisa 6 kali, 4 kali, setiap hari," kata Ningsih mengawali kisahnya, Selasa (17/9/2019).
"Sampai menghabiskan Rp 600-700 ribu per hari. Semuanya aku lakukan gimana caranya suamiku sembuh. Karena suamiku kena guna-guna. Sulit sekali disembuhkan," imbuhnya.
Dari semua dukun yang ia temui, Ningsih akhirnya bertemu dengan seorang dukun yang ia anggap mumpuni. Dukun tersebut menuntun Ningsih mendapatkan ilmunya.
"Akhirnya saya ketemu orang tua, tetangga kampung. Dia bilang begini, 'Jangan diobati suamimu karena ada salah satu ilmu yang
sampeyan punya semenjak sampeyan ada di dalam kandungan. Ilmu itu sudah ngikut, sudah ada saat kehamilan. Dia (ilmu itu) menunggu waktu nanti setelah usia cukup'. Begitu kata beliau," papar Ningsih.
Ningsih melanjutkan, menurut orang tua tersebut, ilmu itu sebenarnya sudah masuk ke tubuhnya sejak usia 35 tahun, namun tak bisa. Ilmu ini bisa masuk ke tubuhnya setelah ia mendapat ujian yang berat dalam bentuk suaminya yang berselingkuh hingga kena guna-guna.
"Suami yang sangat setia, sayang banget sama aku dan anak serta keluarga. Akhirnya jadi siluman di dalam keluarga. Bahkan saya mau dibunuh bahkan beberapa kali. Terus tidak menghiraukan anak sama sekali. Orang tua itu bilang, 'Nggak usah diobati suaminya. Kalau diobati percuma, nggak bakalan sembuh. Karena apa, guna-guna sudah terlalu dalam,'" terangnya.
Pasien Ningsih Tinampi Harus Rela Antre hingga 2020
Lama-kelamaan, setelah berobat ke orang tua tersebut, Ningsih mulai tenang dan bisa menerima keadaan rumah tangganya. "Terus suatu hari, orang tua itu bilang, 'Ilmu itu sudah masuk ke badanmu. Itu ilmu murni milikmu, berupa Al-Fatehah, ilmu Al-Fatehah dari Allah, ilmu putih berupa perempuan cantik masuk ke badan,'" katanya.
Setelah itu, Ningsih diminta mengamalkan ilmu tersebut untuk mengobati orang lain. Pada awalnya, dia bingung dengan cara apa mengobati. Namun akhirnya dia mendapat pertunjukan lewat mimpi.
"Dalam mimpi itu ada perempuan yang bilang, kamu mengobati orang walaupun kamu tendang, kamu bentak, tinju, yang penting kamu sentuh pasti sembuh berkat ilmu Al-Fatehah," terangnya.
Apa yang ia dapat dari mimpi itu kemudian ia praktikkan.
"Ada orang pertama kali datang ke sini. Dia sakit kaki. Kakinya saya tendang karena saya bingung mau saya apakan. Saya tendang, loh kok sembuh," terangnya.
Begini Cara Ningsih Tinampi Obati Pasien Kena Santet dan Guna-guna
Ningsih, yang saat itu memiliki usaha katering, kemudian mengobati sejumlah karyawannya yang sakit. Dengan membaca surat Al-Fatehah, lalu menyentuh bagian tubuh yang sakit, banyak karyawannya yang menderita sakit menahun bisa sembuh.
"Semua atas izin Allah. Ada juga orang sakit sangat parah banget, orang di tetangga dusun. Dia sakit hampir 5 tahun nggak bisa gerak dan hanya di kasur. Saya bacakan Al-Fateha langsung bisa duduk. Nangis, keluarga nggak percaya. Terus saya suruh jalan, jalan. Terus tak obati terus, sembuh. Itu kena santet dia. Terus berlanjut sampai sekarang," pungkasnya.
Pertanyaan:
a. Apakah diperbolehkan model pengobatan mistis seperti dalam deskripsi?
Jawab : Dibenarkan selama pengobatannya tidak ada penyimpangan-penyimpangan dalam syariat dan hanya melihat dzatiyyah pengobatannya.
Catatan: Argumentasi ningsih tinampi yang mengatakan dapat memanggil arwah nabi tidak bisa dibenarkan.
Syarat- syarat ruqyah:
1. Mantra yang digunakan dengan ayat al-Quran atau asma Allah atau kalimat yang diketahui artinya kecuali dari orang yang tsiqoh (Mutasyarri’)
2. Tidak meyakini mantra tersebut yang sebagai Mu-atsir
3. Tidak mengandung syirik atau sihir yang diharamkan
Untuk itu, bagi orang yang akan berobat ke paranormal menurut pendapat dari madzhab Hanbali disyaratkan harus mengetahui sifat ‘Adalahnya dengan menanyakan tentang haliyahnya. Namun menurut madzhab Syafi’i tidak disyaratkan, yang penting telah diketahui media pengobatannya tidak dengan cara yang diharamkan meskipun bukan dari orang yang mimiliki sifat ‘Adalah.
Referensi:
الرقية الشرعية صــ ١٩٦-١٩٧
وقد أجمع العلماء على جواز الرقي عند اجتماع ثلاثة شروط: أن يكون بكلام الله تعالى أو بأسمائه وصفاته وباللسان العربي أو بما يعرف معناه من غيره وأن يعتقد أن الرقية لا تؤثر بذاتها بل بذات الله تعالى واختلفوا في كونها شرطا والراجح أنه لا بد من اعتبار الشروط المذكورة ففي صحيح مسلم من حديث عوف بن مالك قال كنا نرقي في الجاهلية فقلنا يا رسول الله كيف ترى في ذلك ؟ فقال اعرضوا علي رقاكم ولا بأس بالرقي ما لم يكن فيه شرك وله من حديث جابر نهى رسول الله - صلى الله عليه وسلم - عن الرقي فجاء آل عمرو بن حزم فقالوا يا رسول الله إنه كانت عندنا رقية نرقي بها من العقرب قال فعرضوا عليه فقال ما أرى بأسا من استطع أن ينفع أخاه فلينفعه
سبعة كتب مفيدة صـــ ١٧
ومنها الإستعانة بالأرواح الأرضية بواسطة الرياضة وقراءة العزائم إلى حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل العادة بعض خوارق ، وهذا النوع قالت المعتزلة :" إنه كفر لأنه لا يمكن معه معرفة صدق الرسل عليهم الصلاة والسلام للإلتباس " ورد بأن العادة الإلهية جرت بصرف المعارضين للرسل عن إظهار خارق ثم التحقيق أن يقال " إن كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا في كامل ما يأتي ويذر وكان من يستعين به من الأرواح الخيرة وكانت عزائمه التخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده ضرر شرعي على أحد فليس ذلك من السحر بل من الأسرار والمعونة ، وإلا فهو حرام إن تعلمه ليعمل به بل يكفر إن اعتقد حل ذلك ، فإن تعلمه ليتوقاه فمباح ، أو لا فمكروه اهـ
فتح الباري لابن حجر ج ١٠ صـــ ١٩٥
وَقَدْ أَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى جَوَازِ الرُّقَى عِنْدَ اجْتِمَاعِ ثَلَاثَةِ شُرُوطٍ أَنْ يَكُونَ بِكَلَامِ اللَّهِ تَعَالَى أَوْ بِأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ وَبِاللِّسَانِ الْعَرَبِيِّ أَوْ بِمَا يُعْرَفُ مَعْنَاهُ مِنْ غَيْرِهِ وَأَنْ يُعْتَقَدَ أَنَّ الرُّقْيَةَ لَا تُؤَثِّرُ بِذَاتِهَا بَلْ بِذَاتِ اللَّهِ تَعَالَى وَاخْتَلَفُوا فِي كَوْنِهَا شَرْطًا وَالرَّاجِحُ أَنَّهُ لَا بُدَّ مِنَ اعْتِبَارِ الشُّرُوطِ الْمَذْكُورَةِ فَفِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ مِنْ حَدِيثِ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كُنَّا نَرْقِي فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ تَرَى فِي ذَلِكَ فَقَالَ اعْرِضُوا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لَا بَأْسَ بِالرُّقَى مَا لَمْ يَكُنْ فِيهِ شِرْكٌ وَلَهُ مِنْ حَدِيثِ جَابِرٍ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الرُّقَى فَجَاءَ آلُ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ كَانَتْ عِنْدَنَا رُقْيَةٌ نَرْقِي بِهَا مِنَ الْعَقْرَبِ قَالَ فَعَرَضُوا عَلَيْهِ فَقَالَ مَا أَرَى بَأْسًا مَنِ اسْتَطَاعَ أَنْ يَنْفَعَ أَخَاهُ فَلْيَنْفَعْهُ وَقَدْ تَمَسَّكَ قَوْمٌ بِهَذَا الْعُمُومِ فَأَجَازُوا كُلَّ رُقْيَةٍ جُرِّبَتْ مَنْفَعَتُهَا وَلَوْ لَمْ يُعْقَلْ مَعْنَاهَا لَكِنْ دَلَّ حَدِيثُ عَوْفٍ أَنَّهُ مَهْمَا كَانَ مِنَ الرُّقَى يُؤَدِّي إِلَى الشِّرْكِ يُمْنَعُ وَمَا لَا يُعْقَلُ مَعْنَاهُ لَا يُؤْمَنُ أَنْ يُؤَدِّيَ إِلَى الشِّرْكِ فَيَمْتَنِعُ احْتِيَاطًا.
b. Bagaimana hukum mengobati penyakit di tempat tersebut?
Jawab: idem.
c. Termasuk pengobatan apa, hal tersebut menurut perspektif fiqih?
Jawab: Termasuk kategori Ruqyah.
Referensi:
النهاية في غريب الأثر ج ٢ صـــ ٢٥٤|مجد الدين أبو السعادات المبارك بن محمد بن محمد بن محمد ابن عبد الكريم الشيباني الجزري ابن الأثير (المتوفى: ٦٠٦ هـ) الناشر: المكتبة العلمية - بيروت، ١٣٩٩ هـ
«مَا كُنَّا نَأْبِنُه بِرُقْيَةٍ» قَدْ تَكَرَّرَ ذكْر الرُّقْيَةِ والرُّقَى والرَّقْيُ والِاسْتِرْقَاءُ فِي الْحَدِيثِ. والرُّقْيَةُ: العُوذة الَّتِي يُرْقَى بِهَا صَاحِبُ الْآفَةِ كالحُمَّى والصَّرع وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنَ الْآفَاتِ.
الإتقان في علوم القرآن ج ٤ صـــ ٢٦٥ |عبد الرحمن بن أبي بكر، جلال الدين السيوطي (المتوفى: ٩١١ هـ)
تَنْبِيهٌ : قَالَ ابْنُ التِّينِ: الرُّقَى بِالْمُعَوِّذَاتِ وَغَيْرِهَا مِنْ أَسْمَاءِ اللَّهِ تَعَالَى هُوَ الطِّبُّ الرُّوحَانِيُّ إِذَا كَانَ عَلَى لِسَانِ الْأَبْرَارِ مِنَ الْخَلْقِ حَصَلَ الشِّفَاءُ بِإِذْنِ اللَّهِ فَلَمَّا عَزَّ هَذَا النَّوْعُ فَزِعَ النَّاسُ إِلَى الطِّبِّ الْجُثْمَانِيِّ قُلْتُ: وَيُشِيرُ إِلَى هَذَا قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "لَوْ أَنَّ رَجُلًا مُوقِنًا قَرَأَ بِهَا عَلَى جَبَلٍ لَزَالَ". وَقَالَ الْقُرْطُبِيُّ: تَجُوزُ الرُّقْيَةُ بِكَلَامِ اللَّهِ وَأَسْمَائِهِ فَإِنْ كَانَ مَأْثُورًا اسْتُحِبَّ وَقَالَ الرَّبِيعُ: سَأَلْتُ الشَّافِعِيَّ عَنِ الرُّقْيَةِ فَقَالَ: لَا بأس أَنْ يُرْقَى بِكِتَابِ اللَّهِ وَمَا يُعْرَفُ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَقَالَ ابن بطال: في الْمُعَوِّذَاتِ سِرٌّ لَيْسَ فِي غَيْرِهَا مِنَ الْقُرْآنِ لِمَا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ مِنْ جَوَامِعِ الدُّعَاءِ الَّتِي تَعُمُّ أَكْثَرَ الْمَكْرُوهَاتِ؛ مِنَ السِّحْرِ وَالْحَسَدِ وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَوَسْوَسَتِهِ وَغَيْرِ ذلك فلهذا كَانَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكْتَفِي بِهَا. وَقَالَ ابْنُ الْقَيِّمِ فِي حَدِيثِ الرُّقْيَةِ بِالْفَاتِحَةِ: إِذَا ثَبَتَ أَنَّ لِبَعْضِ الْكَلَامِ خَوَاصَّ وَمَنَافِعَ، فَمَا الظَّنُّ بِكَلَامِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، ثُمَّ بِالْفَاتِحَةِ الَّتِي لَمْ يَنْزِلُ فِي الْقُرْآنِ وَلَا غَيْرِهِ مِنَ الْكُتُبِ مِثْلُهَا لِتَضَمُّنِهَا جَمِيعَ مَا فِي الْكِتَابِ فَقَدِ اشْتَمَلَتْ عَلَى ذِكْرِ أُصُولِ أَسْمَاءِ اللَّهِ وَمَجَامِعَهَا وَإِثْبَاتِ الْمَعَادِ وَذِكْرِ التَّوْحِيدِ وَالِافْتِقَارِ إِلَى الرَّبِّ فِي طَلَبِ الْإِعَانَةِ بِهِ وَالْهِدَايَةِ مِنْهُ وَذِكْرِ أَفْضَلِ الدُّعَاءِ وَهُوَ طَلَبُ الْهِدَايَةِ إِلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيمِ الْمُتَضَمِّنِ كَمَالَ مَعْرِفَتِهِ وَتَوْحِيدِهِ وَعِبَادَتِهِ بِفِعْلِ مَا أَمَرَ بِهِ وَاجْتِنَابِ مَا نَهَى عَنْهُ وَالِاسْتِقَامَةِ عَلَيْهِ وَلِتَضَمُّنِهَا ذِكْرَ أَصْنَافِ الْخَلَائِقِ وَقِسْمَتِهِمْ إِلَى مُنْعَمٍ عَلَيْهِ لِمَعْرِفَتِهِ بِالْحَقِّ وَالْعَمَلِ بِهِ وَمَغْضُوبٍ عَلَيْهِ لِعُدُولِهِ عَنِ الْحَقِّ بَعْدَ مَعْرِفَتِهِ وَضَالٍّ لِعَدَمِ مَعْرِفَتِهِ لَهُ مَعَ مَا تَضَمَّنَتْهُ مِنْ إِثْبَاتِ الْقَدَرِ وَالشَّرْعِ وَالْأَسْمَاءِ وَالْمَعَادِ وَالتَّوْبَةِ وَتَزْكِيَةِ النَّفْسِ وَإِصْلَاحِ الْقَلْبِ وَالرَّدِّ عَلَى جَمِيعِ أَهْلِ الْبِدَعِ وَحَقِيقٌ بِسُورَةٍ هَذَا بَعْضُ شَأْنِهَا أَنْ يُسْتَشْفَى بِهَا مِنْ كُلِّ دَاءٍ! انْتَهَى.
Judul Asli: PENGOBATAN MISTIS
Sumber: HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL KE XIII MA’HAD ALY AL HASANIYYAH PONDOK PESANTREN DAN MAJLIS TA’LIM DARUTTAUHID AL-HASANIYYAH SENDANG SENORI TUBAN
(25-26 Pebruari 2020)