masukkan script iklan disini
NGAJI KITAB MASA’ILUSSHOLAT Part 06
Karya Syaikhunaa KH Ahmad Yasin Asymuni
[ Pengasuh PPHT Petuk Kediri ]
Tema : Permasalahan Seputar Sholat [ Lanjutan ]
Oleh : Zakka Yuzakki Tazkiyyan
🍀 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ 🍀
مَسَائِلُ الصَّلَاةِ
PERMASALAHAN SEPUTAR SHOLAT
١١). عورة الرجل ما بين السرة والركبة فلو طال الشعر من العانة إلى أن جاوز الركبة أو تدلت سلعة في العورة وجاوزت العورة فهل وجب الستر أم لا ؟
ج- وجب الستر كما ذكر في حاشية البجيرمي على المنهاج الجزء الثاني صـ ٤٧٥ : (قَوْلُهُ: مَا بَيْنَ سُرَّةٍ وَرُكْبَةٍ) شَعْرًا وَبَشَرًا فَلَوْ طَالَ الشَّعْرُ مِنْ الْعَانَةِ إلَى أَنْ جَاوَزَ الرُّكْبَةَ، وَجَبَ سَتْرُهُ وَلَوْ تَدَلَّتْ سِلْعَةٌ فِي الْعَوْرَةِ كَأُنْثَيَيْنِ وَجَاوَزَتْ مَا ذُكِرَ وَجَبَ سَتْرُهَا مِنْ أَعْلَى وَجَوَانِبَ لَا مِنْ أَسْفَلِهَا ح ل
11). Aurotnya laki-laki adalah anggota antara pusar dan lutut. Jika tumbuh rambut panjang dari bulu kapoknya ( ulu kempong ; jawa red ) sampai melewati lutut atau ada bisul tumbuh menjular kebawah dibagian aurotnya dan melewati batasan aurotnya, apakah ia wajib menutupinya ?
JAWAB
Wajib menutupinya seperti keterangan yang dijelaskan dalam Hasiyah Al-Bujairimi Ala Al-Minhaj Juz II Halaman 475 : “ ( perkataan pengarang ; anggota antara pusar dan lutut ) maksudnya baik berupa rambut atau kulit. Jika seandainya tumbuh rambut panjang dari bulu kapoknya sampai melewati lutut, maka wajib menutupinya. Dan jika ada bisul tumbuh menjular kebawah dibagian aurotnya dan melewati batasan aurot, semisal dua telur kemaluannya dan melewati anggota yang disebutkan ( aurot ) , maka wajib untuk menutupinya agar tidak terlihat dari dari arah atas dan samping, bukan arah bawahnya. Selesai perkataan Imam Halabi ”.
١٢). هل يجوز التصفيق لقصد الإعلام فقط ؟
ج- يجوز ولا يضر كما في تحفة الحبيب على شرح الخطيب الجزء الثاني صـ ٢٤٠ : قَوْلُهُ: (وَيُعْتَبَرُ فِي التَّسْبِيحِ) خَرَجَ التَّصْفِيقُ، فَلَا يَضُرُّ قَصْدُ الْإِعْلَامِ بِهِ
وفي الباجوري الجزء الأول صـ ١٧٥ : وَلَا تَبْطُلُ الصَّلَاةُ بِالتَّصَفِيْقِ وَلَوْ بِقَصْدِ الْإِعْلَامِ فَقَطْ وَلَوْ مِنَ الرَّجُلِ عَلَى الْمُعْتَمَدِ بِخِلَافِ التَّسْبِيْحِ بِقَصْدِ الْإِعْلَامِ
12). Apakah boleh menepuk tangan dengan tujuan mengingatkan ( imam ) saja ( tanpa niat dzikir ?
JAWAB
Boleh dan tidak membatalkan sholat sebagaimana keterangan dalam kitab Tuhfatul Habib Ala Syarhil Khotib Juz II Halaman 240 : “ Perkataan pengarang ( Dan yang dii’tibar dalam tasbih adalah niat dzikir atau niat dzikir bersamaan dengan mengingatkan ) . Mengecualikan menepuk tangan , maka tidak membatalkan sholat niat mengingatkan imam saja ( tanpa dzikir ) dengan menepuk tangan.
Dan didalam kitab Hasiyh Bajuri Juz I Halaman 175 : “ Dan sholat itu tidak batal sebab menepuk tangan walaupun tujuannya hanya mengingatkan, dan walaupun dilakukan oleh seorang laki-laki, berbeda dengan masalah tasbih dengan hanya tujuan mengingatkan ”.
١٣). الحجاج من إندونسي يركبون الطيارة قدر عشر ساعات فهل تجب عليهم الصلاة وهم محدثون ولا يجدون الماء والتراب ؟
ج- تجب الصلاة على حسب حالهم لحرمة الوقت وتجب الإعادة وتوصف صلاتهم بالصحة كما في كفاية الأخيار الجزء الأول صـ ٩٠ : يُشْتَرَطُ لِصِحَّةِ الصَّلَاةِ الطَّهَارَةُ عَنِ الْحَدَثِ سَوَاءٌ فِي ذَلِكَ الْأَصْغَرُ وَالْأَكْبَرُ عِنْدَ الْقُدْرَةِ لِأَنَّ فَاقِدَ الطَّهُوْرَيْنِ يَجِبُ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى حَسَبِ حَالِهِ وَتَجِبُ الْإِعَادَةُ وَتُوْصَفُ صَلَاتُهُ بِالصِّحَّةِ عَلَى الصَّحِيْحِ
13). Para jamaah haji Indonesia yang berangkat menggunakan pesawat itu kira-kira 10 jam lamanya, apakah wajib bagi mereka untuk sholat sedangkan mereka dalam keadaan hadats dan tidak menemukan air ataupun debu ?
JAWAB
Mereka tetap wajib sholat sebisa mungkin sesuai keadaannya lihurmatil wakti dan nanti wajib diulangi sholatnya. Dan sholatnya dihukumi sah. Sebagaimana keterangan dalam kitab Kifayatul Akhyar Juz I Halaman 90 : “ Dan disyaratkan untuk sah nya sholat yaitu suci dari hadats, baik hadats kecil maupun besar ketika memang mampu , karena orang yang tidak mampu bersuci dengan air dan debu ( faaqidut Thohuroin ) wajib untuk sholat sesuai keadaannya dan wajib mengulangi sholatnya. Dan juga sholatnya dihukumi sah menurut pendapat ashoh ”.
١٤). هل يندب للمصلي الصلاة على النبي لو قرأ آية فيها اسم محمد صلى الله عليه وسلم ؟
ج- نعم يندب لكن بصلى الله عليه وسلم لا اللهم صل على محمد كما في في إعانة الطالبين الجزء الأول صـ ١٤٢ : وَفِي الْعُبَابِ لَوْ قَرَأَ الْمُصَلِّي آيَةً فِيهَا اسْمُ مُحَمَّدٍ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – نُدِبَ لَهُ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ فِي الْأَقْرَبِ بِالضَّمِيرِ كَصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ لِلِاخْتِلَافِ فِي بُطْلَانِ الصَّلَاةِ بِنَقْلِ رُكْنٍ قَوْلِيٍّ انتهى.
14). Apakah disunahkan bagi orang yang sholat untuk menjawab sholawat nabi jika ia membaca ayat yang didalamnya terdapat nama Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam ?
JAWAB
Benar disunahkan untuk menjawabnya akan tetapi dengan lafadz SHOLLALLAHU ALAIHI WASALLAM, bukan ALLAHUMMA SHOLLI ALA MUHAMMAD. Sebagaimana keterangan dalam Kitab Ianatut Tholibin Juz I Halaman 142 : “ Dan didalam kitab AL-Ii’ab terdapat keterangan [ Jika musholli membaca ayat yang didalamnya terdapat nama Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam, maka disunahkan baginya untuk bersholawat kepada Nabi menurut pendapat yang mendekati kebenaran dengan dlomir seperti SHOLLALLAHU ALAIHI WASALLAM, bukan ALLAHUMMA SHOLLI ALA MUHAMMAD karena masih diperkhilafkan masalah batalnya sholat dengan memindah rukun qouli. Selesai ] ”.
١٥). هل تجوز صلاة الهدية التي تهدى إلى الميت ؟
ج- فيه تفصيل : إن ترد بها صلاة الفدية أو صلاة الهدية فهي مبتدعة مكذوبة ، و إن ترد بها مطلق الصلاة ثم دعا بعدها بما يتضمن نحو استعاذة أو استخارة مطلقة لم يكن بذلك بأس كما في الصواعق النارية في بيان حياة المبتدع اليومية الجزء الأول صـ ٤٢ : صَلَاةُ الْفِدْيَةِ أَوْ صَلَاةُ الْهَدِيَّةِ لَيْسَ هُنَاكَ صَلَاةٌ تُسَمَّى صَلَاةَ الْفِدْيَةِ أَوْ صَلَاةَ الْهَدِيَّةِ تَنْفَعُ الْمَيِّتَ، وَهَذِه الصَّلَاةُ مُبْتَدِعَةٌ مَكْذُوْبَةٌ، وَالَّذِيْ يَنْفَعُ الْمَيِّتَ أَنْ يُعْمَلَ لَهُ مَا شَرَعَهُ اللهُ مِنَ الصَّدَقَةِ وَالدُّعَاءِ وَالْإِسْتِغْفَارِ ؛ قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ ).
وفي تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء السابع صـ ٣١٧ : وَلَا تَصِحُّ هَذِهِ الصَّلَوَاتُ بِتِلْكَ النِّيَّاتِ الَّتِي اسْتَحْسَنَهَا الصُّوفِيَّةُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَرِدَ لَهَا أَصْلٌ فِي السُّنَّةِ نَعَمْ إنْ نَوَى مُطْلَقَ الصَّلَاةِ ثُمَّ دَعَا بَعْدَهَا بِمَا يَتَضَمَّنُ نَحْوَ اسْتِعَاذَةٍ أَوْ اسْتِخَارَةٍ مُطْلَقَةٍ لَمْ يَكُنْ بِذَلِكَ بَأْسٌ .
15). Apakah diperbolehkan mengerjakan sholat hadiah yang dihadiahkan kepada mayit ?
JAWAB
Hukumnya diperinci :
@ Jika yang dikehendaki ( yang ia niati ) adalah sholat fidyah atau sholat hadiah, maka adalah termasuk bid’ah makdzubah ( bid’ah yang diada-ada ).
@ Jika yang dikehendaki adalah sholat sunah mutlaq lalu setelah itu berdoa dengan doa yang mengandung memohon perlindungan atau meminta pilihan mutlaq, maka tidak masalah ( diperbolehkan ). Sebagaimana keterangan dalam kitab Al-Showa’iq Al- Nariyah Fii Bayani Hayatil Mubtadi’ Al-Yaumiyyah Juz I Halaman 42 : “ | Bab Sholat Fidayah atau sholat hadiah | Tidak ada yang namanya Sholat Fidayah atau sholat hadiah yang memberi manfaat pada mayit, dan ini adalah bid’ah yang diada-ada. Adapaun yang bermanfaat pada mayit adalah melakukan sesuatu yang telah disyari’atkan oleh Allah seperti shodaqoh, doa, dan istighfar ; Rasulullah Shollalahu Alaihi Wasallam bersabda : barangsiapa mengamalkan suatu amal yang bukan perintahku, maka amal tersebut adalah tertolak ”.
Dan didalam kitab Tuhfatul Muhtaj Fi Syarhil Minhaj Juz VII Halaman 317 : “ Dan macam-macam sholat ini adalah tidak sah dengan niat tersebut yang mana telah dianggap baik oleh ulama Sufi tanpa ada dasar dari Sunah. Benar, bahwa ketika seseorang meniatkannya sholat sunah mutlaq lalu setelah itu berdoa dengan doa yang mengandung memohon perlindungan atau meminta pilihan mutlaq, maka tidak masalah ( diperbolehkan ) ".
١٦). من مات وعليه الصلوات فهل تقضى أو تفدى أو لا تقضى و لا تفدى ؟
ج- فيه خلاف : الأول لا تقضى ولا تفدى والثاني تقضى والثالث تفدى بأن يطعم عن كل صلاة مدا كما في إعانة الطالبين الجزء الأول صـ ٢٤ : (فائدة) من مات وعليه صلاة، فلا قضاء، ولا فدية. وفي قول كجمع مجتهدين أنها تقضى عنه، لخبر البخاري وغيره، ومن ثم اختاره جمع من أئمتنا، وفعل به السبكي عن بعض أقاربه، ونقل ابن برهان عن القديم أنه يلزم الولي - إن خلف تركه - أن يصلي عنه، كالصوم. وفي وجه عليه كثيرون من أصحابنا أنه يطعم عن كل صلاة مدا. وقال المحب الطبري: يصل للميت كل عبادة تفعل عنه: واجبة أو مندوبة.
16). Orang yang sudah meninggal dan ia masih mempunyai tanggungan kewajiban sholat, apakah boleh diqodloi atau dibayarkan fidyah atau tidak boleh diqodloi dan dibayarkan fidyah ?
JAWAB
Hukumnya khilaf :
✔Pendapat pertama, tidak diqodloi atau dibayarkan fidyah
✔Pendapat kedua, diqdloi saja
✔Pendapat ketiga, dibayarkan fidyah, yaitu dengan mengeluarkan makanan setiap satu sholat yang ditinggalkan satu mud.
Sebagaimana keterangan dalam kitab Ianatut Tholibin Juz I Halaman 24 : “ ( Faidah ) Orang yang sudah meninggal dan ia masih mempunyai tanggungan kewajiban sholat, maka tidak perlu diqodloi ataupun dibayarkan fidyahnya. Dan menurut satu pendapat seperti golongan mujtahid mengatakan diqodloi karena ada Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dll, dan karena hal itulah, ada segolongan dari Ulama Syafiiyyah memilih pendapat ini dan bahkan Imam Subki telah melakukannya untuk sebagian kerabatnya. Imam Burhan menuqil dari qoul Qodim bahwa wajib bagi wali jika mayit meninggalkan harta untuk menyewa orang sholat sebagai qodlo sholat mayit seperti halnya masalah puasa. Dan menurut satu pendapat yang didukung banyak ulama dari madzhab Syafiiyyah, bahwa wajib dikeluarkan makanan untuk si mayit, setiap satu sholat satu mud. Imam Muhib Al-Tobary mengatakan : akan sampai pada mayit, setiap ibadah yang dilakukan untuk si mayit, baik ibadah wajib atau sunah ”.
١٧). من عمل أعمالا كتأليف كتب وصيام وصلاة فيجعل ثواب أعماله هدية لأبيه وأمه فهل يصلهما أم لا ؟
ج- نعم يصلهما كما في إعانة الطالبين الجزء الأول صـ ٢٤ : وفي شرح المختار لمؤلفه: مذهب أهل السنة أن للانسان أن يجعل ثواب عمله وصلاته لغيره ويصله انتهى.
17). Orang yang melakukan beberapa amal seperti mengarang kitab, puasa, sholat lalu pahala amal tersebut dijadikan sebagai hadiah untuk ayah dan ibunya, apakah bisa sampai pada mereka ?
JAWAB
Ya, sampai pada mereka sebagaimana keterangan dalam kitab Ianatut Tholibin Juz I Halaman 24 : “ Dan didalam Syarah Al-Mukhtar dikatakan : Madzhab Ahlussunnah itu bagi seseorang boleh menjadikan pahala amalnya dan sholatnya untuk orang lain dan sampai pada orang lain tersebut. Selesai ”.
وَاللهُ أَعْلَمُ