Iklan

NGAJI KITAB MASA’ILUSSHOLAT Part 09

Muhammad Muzakka
Friday, August 24, 2018
Last Updated 2019-02-07T00:54:44Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini
NGAJI KITAB MASA’ILUSSHOLAT Part 09

Karya KH Ahmad Yasin Asymuni
[ Pengasuh PPHT Petuk Kediri ]
Tema : Permasalahan Seputar Sholat [ Lanjutan ]
Oleh   : Zakka Yuzakki Tazkiyyan




بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

مَسَائِلُ الصَّلَاةِ
PERMASALAHAN SEPUTAR SHOLAT

32). هل بطلت صلاة المصلي الذي حمله إنسان من موضع إلى آخر ؟
ج- لا تبطل صلاته كما في حاشية إعانة الطالبين الجزء الأول صـ 250 : قَالَ م ر فِي فَتَاوِيهِ مَا حَاصِلُهُ وَلَيْسَ مِنْ الْوَثْبَةِ مَا لَوْ حَمَلَهُ إنْسَانٌ فَلَا تَبْطُلُ صَلَاتُهُ بِذَلِكَ انتهى

32). Apakah batal sholatnya seseorang yang diangkat oleh orang lain dari satu tempat ke tempay lain ?

JAWAB
Tidak batal, sebagaimana keterangan dalam Hasiyah Ianatut Tholibin Juz I Halaman 250 : “ Telah berkata Imam Romli dalam Fatawinya yang kesimpulannya : “ Dan tidak termasuk dari melompat ( yang membatalkan sholat ) adalah masalah ketika orang yang sholat diangkat oleh seseorang, maka tidak batal sholatnya sebab hal itu, selesai ”.

33). ما كيفية صلاة الصائمة المستحاضة كي تصح صلاتها ولا تبطل صومها ؟
ج- صلاتها مع ترك الحشو كما في تحفة الحبيب على شرح الخطيب الجزء الأول صـ 506 : تَنْبِيهٌ عُلِمَ مِمَّا ذُكِرَ أَنَّ صَلَاةَ الصَّائِمَةِ مَعَ تَرْكِ الْحَشْوِ صَحِيحَةٌ كَصَوْمِهَا، فَمُرَاعَاةُ الصَّوْمِ إنَّمَا حَصَلَتْ بِتَرْكِ الْحَشْوِ

33). Bagaimana cara sholatnya perempuan yang sedang berpuasa agar sholatnya sah dan puasanya juga tidak batal ?

JAWAB
Cara sholatnya yaitu dengan meninggalkan menyumbat kemaluan, sebagaimana keterangan dalam kitab Tuhfatul Habib Ala Syarhil Khotib Juz I Halaman 506 : “ ( Peringatan ) Telah diketahui dari ketrangan yang sudah dijelaskan bahwa sholatnya seorang peerempuan dengan meninggalkan menyumbat kemaluan itu dihukumi sah seperti ( dihukumi sah ) puasanya. Menjaga sahnya puasa itu dapat terealisasi dengan meninggalkan menyumbat kemaluan ”.

34). هل تصح صلاة التراويح عشرين ركعة بسلام واحد ؟
ج- لا تصح بل لا بد من أن يصليها ركعتين ركعتين ويسلم على رأس كل ركعتين كما في الفقه على المذاهب الأربعة الجزء الأول صـ 525 : الشَّافِعِيَّةُ قَالُوْا : لَا تَصِحُّ إِلَّا إِذَا سَلَّمَ بَعْدَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَإِذَا صَلَّاهَا بِسَلَامٍ وَاحِدٍ لَمْ تَصِحَّ سَوَاءٌ قَعَدَ عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ أَوْ لَمْ يَقْعُدْ فَلَابُدَّ عِنْدَهُمْ مِنْ أَنْ يُصَلِّيَهَا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ وَيُسَلِّمَ عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ

34). Apakah sah sholat tarawih 20 rokaat dengan satu kali salam ?

JAWAB
Tidak sah, wajib sholat tarawih itu dengan cara dua rokaat dua rokaat dan melakukan salam disetiap mendapatkan dua rokaat, seperti keterangan dalam Kitab Al-Fiqhu Ala AL-Madzahibil Arba’ah Juz I Halaman 525 : “ Ulama Syafi’iyyah mengatakan : “ tidak sah kecuali si musholli salam setiap dapat dua rokaat. Dan jika ia sholat tarawih dengan satu kali salam, sholatnya tidak sah baik ia duduk tasyahud di setiap mendapat dua rokaat atau tidak. Menurut Syafi’iyyah wajib dengan cara dua rokaat dua rokaat dan melakukan salam disetiap mendapatkan dua rokaat ”.

35). هل يوجد القول من الشافعية بجواز النظر لوجه الأجنبية وكفيها ؟
ج- نعم هو قول الرافعي لكن بشرط عدم الشهوة كما في البجيرمي على الخطيب الجزء الرابع صـ 75 : وَقَالَ الرَّافِعِيُّ يَجُوزُ النَّظَرُ مِنْ الْأَجْنَبِيَّةِ لِوَجْهِهَا وَكَفَّيْهَا مِنْ غَيْرِ شَهْوَةٍ وَكَذَا مَذْهَبُ الْمَالِكِيَّةِ.

35). Apakah ditemukan pendapat dari kalangan Syafi’iyyah tentang diperbolehkannya melihat wajah dan kedua telapak tangan wanita yang bukan mahrom ?

JAWAB
Ada yaitu pendapatnya imam Rofi’i akan tetapi dengan syarat tidak syahwat sebagaimana keterangan dalam Bujairimi Alal Khotib Juz IV Halaman 75 : “ Telah berkata Imam Rofi’i : “ Diperbolehkan melihat wanita yang bukan mahrom, pada telapak wajah dan kedua telapak tangannya dengan tanpa syahwat, sama seperti madzhab Malikiyyah ”. 

36). لو صلى قائما فعجز في أثناء الصلاة عن القيام فهل يبطل صلاته أم يبني قاعدا ؟
ج- يبني قاعدا كما في روضة الطالبين الجزء الأول صـ 238 : فَرْعٌلَوْ عَجَزَ فِي أَثْنَاءِ صَلَاتِهِ عَنِ الْقِيَامِ قَعَدَ وَبَنَى وَلَوْ صَلَّى قَاعِدًا فَقَدَرَ عَلَى الْقِيَامِ فِي أَثْنَائِهَا قَامَ وَبَنَى وَكَذَا لَوْ صَلَّى مُضْطَجِعًا فَقَدَرَ عَلَى الْقِيَامِ أَوِ الْقُعُودِ أَتَى بِالْمَقْدُورِ وَبَنَى.
36). Apabila seseorang sholat dengan berdiri lalu dipertengahan sholat ia tidak mampu berdiri, apakah batal sholatnya ataukah ia meneruskan sholatnya dengan duduk ?

JAWAB
Sholatnya tidak batal dan ia meneruskan sholatnya dengan duduk, seperti keterangan dalam Roudlotut Tholibin Juz I Halaman 238 : “ [ Cabangan ] Jika seseorang tidak mampu berdiri dipertengahan sholat, maka ia boleh duduk dan meneruskan sholatnya. Dan ketika ia sholat dengan duduk lalu dipertengahan sholat ia mampu berdiri, maka ia harus berdiri dan meneruskan sholatnya, begitu juga jika ia sholat dengan tidur miring lalu ia mampu untuk berdiri atau duduk, maka ia harus sholat dengan yang ia mampu dan meneruskan sholatnya ”.

37). هل يجوز فعل النافلة مضطجعا مع القدرة على القيام والقعود ؟
ج- يجوز فعلها على الأصح كما في روضة الطالبين الجزء الأول صـ  239 فَرْعٌيَجُوزُ فِعْلُ النَّافِلَةِ قَاعِدًا مَعَ الْقُدْرَةِ عَلَى الْقِيَامِ لَكِنْ ثَوَابُهَا يَكُونُ نِصْفَ ثَوَابِ الْقَائِمِ وَلَوْ تَنَفَّلَ مُضْطَجِعًا مَعَ الْقُدْرَةِ عَلَى الْقِيَامِ وَالْقُعُودِ جَازَ عَلَى الْأَصَحِّ.

37). Apakah diperbolehkan melakukan sholat sunah dengan tidur miring padahal mampu berdiri dan duduk ?

JAWAB
Boleh menurut pendapat ashoh sebagaimana keterangan dalam kitab Roudlotut Tholibin Juz I Halaman 239 : “ [ Cabangan ] Diperbolehkan melakukan sholat sunah dengan duduk meskipun mampu untuk berdiri, akan tetapi pahalanya adalah setengah dari pahala sholat dengan berdiri. Jika ia sholat sunah dengan tidur miring padahal mampu berdiri dan duduk maka diperbolehkan dan sholatnya tetap sah menurut pendapat ashoh ”.

والله أعلم
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Iklan