masukkan script iklan disini
NGAJI KITAB MASA’ILUSSHOLAT Part 09
Karya KH Ahmad Yasin Asymuni
[
Pengasuh PPHT Petuk Kediri ]
Tema
: Permasalahan Seputar Sholat [ Lanjutan ]
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
مَسَائِلُ الصَّلَاةِ
PERMASALAHAN
SEPUTAR SHOLAT
32). هل بطلت صلاة المصلي الذي حمله
إنسان من موضع إلى آخر ؟
ج- لا تبطل صلاته كما في حاشية إعانة
الطالبين الجزء الأول صـ 250 : قَالَ م ر فِي فَتَاوِيهِ مَا حَاصِلُهُ وَلَيْسَ
مِنْ الْوَثْبَةِ مَا لَوْ حَمَلَهُ إنْسَانٌ فَلَا تَبْطُلُ صَلَاتُهُ بِذَلِكَ
انتهى
32).
Apakah batal sholatnya seseorang yang diangkat oleh orang lain dari satu tempat
ke tempay lain ?
JAWAB
Tidak batal,
sebagaimana keterangan dalam Hasiyah Ianatut Tholibin Juz I Halaman 250 : “
Telah berkata Imam Romli dalam Fatawinya yang kesimpulannya : “ Dan tidak
termasuk dari melompat ( yang membatalkan sholat ) adalah masalah ketika orang
yang sholat diangkat oleh seseorang, maka tidak batal sholatnya sebab hal itu,
selesai ”.
33).
ما كيفية صلاة الصائمة المستحاضة كي تصح صلاتها ولا تبطل صومها ؟
ج- صلاتها مع ترك الحشو كما في تحفة
الحبيب على شرح الخطيب الجزء الأول صـ 506 : تَنْبِيهٌ عُلِمَ مِمَّا ذُكِرَ أَنَّ
صَلَاةَ الصَّائِمَةِ مَعَ تَرْكِ الْحَشْوِ صَحِيحَةٌ كَصَوْمِهَا، فَمُرَاعَاةُ
الصَّوْمِ إنَّمَا حَصَلَتْ بِتَرْكِ الْحَشْوِ
33). Bagaimana
cara sholatnya perempuan yang sedang berpuasa agar sholatnya sah dan puasanya
juga tidak batal ?
JAWAB
Cara sholatnya
yaitu dengan meninggalkan menyumbat kemaluan, sebagaimana keterangan dalam
kitab Tuhfatul Habib Ala Syarhil Khotib Juz I Halaman 506 : “ ( Peringatan )
Telah diketahui dari ketrangan yang sudah dijelaskan bahwa sholatnya seorang
peerempuan dengan meninggalkan menyumbat kemaluan itu dihukumi sah seperti (
dihukumi sah ) puasanya. Menjaga sahnya puasa itu dapat terealisasi dengan
meninggalkan menyumbat kemaluan ”.
34). هل تصح صلاة التراويح عشرين ركعة
بسلام واحد ؟
ج- لا تصح بل لا بد من أن يصليها
ركعتين ركعتين ويسلم على رأس كل ركعتين كما في الفقه على المذاهب الأربعة الجزء
الأول صـ 525 : الشَّافِعِيَّةُ قَالُوْا : لَا تَصِحُّ إِلَّا إِذَا سَلَّمَ بَعْدَ
كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَإِذَا صَلَّاهَا بِسَلَامٍ وَاحِدٍ لَمْ تَصِحَّ سَوَاءٌ قَعَدَ
عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ أَوْ لَمْ يَقْعُدْ فَلَابُدَّ عِنْدَهُمْ مِنْ أَنْ
يُصَلِّيَهَا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ وَيُسَلِّمَ عَلَى رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ
34). Apakah sah
sholat tarawih 20 rokaat dengan satu kali salam ?
JAWAB
Tidak sah, wajib
sholat tarawih itu dengan cara dua rokaat dua rokaat dan melakukan salam
disetiap mendapatkan dua rokaat, seperti keterangan dalam Kitab Al-Fiqhu Ala
AL-Madzahibil Arba’ah Juz I Halaman 525 : “ Ulama Syafi’iyyah mengatakan : “
tidak sah kecuali si musholli salam setiap dapat dua rokaat. Dan jika ia sholat
tarawih dengan satu kali salam, sholatnya tidak sah baik ia duduk tasyahud di
setiap mendapat dua rokaat atau tidak. Menurut Syafi’iyyah wajib dengan cara
dua rokaat dua rokaat dan melakukan salam disetiap mendapatkan dua rokaat ”.
35). هل يوجد القول من الشافعية بجواز
النظر لوجه الأجنبية وكفيها ؟
ج- نعم هو قول الرافعي لكن بشرط عدم
الشهوة كما في البجيرمي على الخطيب الجزء الرابع صـ 75 : وَقَالَ الرَّافِعِيُّ
يَجُوزُ النَّظَرُ مِنْ الْأَجْنَبِيَّةِ لِوَجْهِهَا وَكَفَّيْهَا مِنْ غَيْرِ
شَهْوَةٍ وَكَذَا مَذْهَبُ الْمَالِكِيَّةِ.
35). Apakah
ditemukan pendapat dari kalangan Syafi’iyyah tentang diperbolehkannya melihat
wajah dan kedua telapak tangan wanita yang bukan mahrom ?
JAWAB
Ada yaitu
pendapatnya imam Rofi’i akan tetapi dengan syarat tidak syahwat sebagaimana
keterangan dalam Bujairimi Alal Khotib Juz IV Halaman 75 : “ Telah berkata Imam
Rofi’i : “ Diperbolehkan melihat wanita yang bukan mahrom, pada telapak wajah
dan kedua telapak tangannya dengan tanpa syahwat, sama seperti madzhab
Malikiyyah ”.
36). لو صلى قائما فعجز في أثناء
الصلاة عن القيام فهل يبطل صلاته أم يبني قاعدا ؟
ج- يبني قاعدا كما في روضة الطالبين الجزء
الأول صـ 238 : فَرْعٌلَوْ عَجَزَ فِي أَثْنَاءِ صَلَاتِهِ عَنِ الْقِيَامِ قَعَدَ
وَبَنَى وَلَوْ صَلَّى قَاعِدًا فَقَدَرَ عَلَى الْقِيَامِ فِي أَثْنَائِهَا قَامَ
وَبَنَى وَكَذَا لَوْ صَلَّى مُضْطَجِعًا فَقَدَرَ عَلَى الْقِيَامِ أَوِ
الْقُعُودِ أَتَى بِالْمَقْدُورِ وَبَنَى.
36).
Apabila seseorang sholat dengan berdiri lalu dipertengahan sholat ia tidak
mampu berdiri, apakah batal sholatnya ataukah ia meneruskan sholatnya dengan
duduk ?
JAWAB
Sholatnya tidak
batal dan ia meneruskan sholatnya dengan duduk, seperti keterangan dalam
Roudlotut Tholibin Juz I Halaman 238 : “ [ Cabangan ] Jika seseorang tidak
mampu berdiri dipertengahan sholat, maka ia boleh duduk dan meneruskan
sholatnya. Dan ketika ia sholat dengan duduk lalu dipertengahan sholat ia mampu
berdiri, maka ia harus berdiri dan meneruskan sholatnya, begitu juga jika ia
sholat dengan tidur miring lalu ia mampu untuk berdiri atau duduk, maka ia
harus sholat dengan yang ia mampu dan meneruskan sholatnya ”.
37). هل يجوز فعل النافلة مضطجعا مع
القدرة على القيام والقعود ؟
ج- يجوز فعلها على الأصح كما في روضة
الطالبين الجزء الأول صـ 239 فَرْعٌيَجُوزُ
فِعْلُ النَّافِلَةِ قَاعِدًا مَعَ الْقُدْرَةِ عَلَى الْقِيَامِ لَكِنْ
ثَوَابُهَا يَكُونُ نِصْفَ ثَوَابِ الْقَائِمِ وَلَوْ تَنَفَّلَ مُضْطَجِعًا مَعَ
الْقُدْرَةِ عَلَى الْقِيَامِ وَالْقُعُودِ جَازَ عَلَى الْأَصَحِّ.
37). Apakah
diperbolehkan melakukan sholat sunah dengan tidur miring padahal mampu berdiri
dan duduk ?
JAWAB
Boleh menurut
pendapat ashoh sebagaimana keterangan dalam kitab Roudlotut Tholibin Juz I
Halaman 239 : “ [ Cabangan ] Diperbolehkan melakukan sholat sunah dengan duduk
meskipun mampu untuk berdiri, akan tetapi pahalanya adalah setengah dari pahala
sholat dengan berdiri. Jika ia sholat sunah dengan tidur miring padahal mampu
berdiri dan duduk maka diperbolehkan dan sholatnya tetap sah menurut pendapat
ashoh ”.
والله أعلم