Iklan

NGAJI KITAB MASA’ILUSSHOLAT Part 12

Muhammad Muzakka
Friday, September 14, 2018
Last Updated 2019-07-11T13:36:15Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini
NGAJI KITAB MASA’ILUSSHOLAT Part 12

Karya KH Ahmad Yasin Asymuni
[ Pengasuh PPHT Petuk Kediri ]
Tema : Hal-hal yang membatalkan sholat
Oleh   : Zakka Yuzakki Tazkiyyan
 



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

مَسَائِلُ مُبْطِلَاتِ الصَّلَاةِ
PERMASALAHAN HAL-HAL YANG MEMBATALKAN SHOLAT

١). التنحنح هل هو مبطل للصلاة أم لا ؟

ج- التنحنح بغير ضرورة مبطل في أصح الوجوه وإن تعذرت القراءة إلا به لم يضر وإن تعذر الجهر فوجهان ولو تنحنح الإمام وظهر منه حرفان فعلى الراجح للمأموم أن يدوم على متابعته كما في شرح الكبير للرافعي الجزء الرابع صـ ١٠٥ :  (الشرط الرابع ترك الكلام والعمد منه مع العلم بتحريمه مبطل للصلاة قل أو كثر فتبطل الصلاة بالحرف الواحد ان كان مفهما وان لم يكن مفهما فلا تبطل الا بتوالي حرفين وفى حرف بعده مدة تردد والتنحنح بغير ضرورة مبطل في أصح الوجوه وان تعذرت القراءة الا به لم يضر وان تعذر الجهر فوجهان) وفي كفاية الأخيار الجزء الأول صـ ٩٧ : ولو تعذرت القراءة الواجبة إلا بالتنحنح تنحنح وهو معذور وإن تعذر الجهر فالراجح أنه ليس بعذر ولو تنحنح الإمام وظهر منه حرفان فهل للمأموم أن يدوم على متابعته وجهان الراجح نعم والظاهر أنه معذور .

1). Berdehem itu membatalkan sholat atau tidak ?

JAWAB
Berdehem tanpa ada dlorurot itu dapat membatalkan sholat menurut pendapat yang paling shohih dari beberapa wajah ( pendapat ). Dan apabila bacaan al-fatihah itu dirasa sulit tanpa berdehem maka tidak membatalkan sholat. Jika sulit mengeraskan bacaan tanpa berdehem, maka dalam hal ini ada dua pendapat. Ketika Imam berdehem dan sampai keluar dua huruf, maka menurut pendapat yang rojih ( unggul ) bagi makmum boleh untuk tetap mengikuti Imam . seperti keterangan dalam Syarah Al-Kabir karangan Imam Rofi’i Juz IV Halaman 105 : “ Syarat sholat yang keempat adalah meninggalkan berbicara. Adapun sengaja berbicara sementara ia tau keharamannya maka hal itu dapat membatalkan sholat baik sedikit atau banyak, maka batal sholat seseorang sebab keluar satu huruf yang memahamkan. Dan jika tidak memahamkan, maka tidak membatalkan kecuali keluar dua huruf berturut-turut. Dan terkait maslah satu huruf yang mana setelahnya ada bacaan panjang ini masih diperselisihkan. Adapun berdehem tanpa ada dlorurot itu dapat membatalkan sholat menurut pendapat yang paling shohih dari beberapa wajah. Dan apabila bacaan al-fatihah itu dirasa sulit tanpa berdehem maka hal itu tidak membatalkan sholat. Jika sulit mengeraskan bacaan tanpa berdehem, maka dalam hal ini ada dua pendapat ". Dan didalam kitab Kifayatul Akhyar Juz I Halaman 97 : “ Jika bacaan wajib menjadi sulit tanpa berdehem, maka boleh untuk berdehem dan hal itu ditoleransi. Dan jika mengeraskan bacaan terasa sulit tanpa berdehem, menurut pendapat yang unggul hal itu tidak ditoleransi, lalu jika si Imam berdehem dan keluar dua huruf, apakah boleh bagi makmum untuk tetap mengikutinya , dalam hal ini juga terdapat dua pendapat ; pendapat yang unggul diperbolehkan.  pendapat yang dohir adalah ditoleransi ( ma’dzur ) ”.  

٢). لو صلى الصبح مثلا عشرين يوما بالإجتهاد في تلك المدة فبان قبل الوقت فهل يجب عليه قضاءها ؟

ج- لم يجب عليه إلا قضاء صبح اليوم الأخير فقط لأن صبح كل يوم يقع عن الذي قبله وصبح اليوم الأول وقع نفلا مطلقا كما في كاشفة السجا صـ ٥٠ : بخلاف ما لو صلى بالاجتهاد ثم تبين أن صلاته كانت قبل الوقت فإنه ان كان عليه فائتة من جنسها وقعت عنها وإلا وقعت له نفلا مطلقا فلو كان يصلي الصبح كل يوم بالإجتهاد في تلك المدة قبل الوقت لم يجب عليه إلا قضاء صبح اليوم الأخير فقط لأن صبح كل يوم يقع عن الذي قبله وصبح اليوم الأول وقع نفلا مطلقا .

2). Apabila seseorang mengerjakan sholat subuh selama 20 hari dengan ijtihad pada waktu itu, lalu ternyata sholatnya jatuh sebelum masuk waktu sholat, apakah ia wajib untuk mengqodloinya ?

JAWAB
Tidak wajib kecuali mengqodloi sholat subuh hari yang terakhir saja, karena sholat subuh yang ia kerjakan setiap harinya dengan ijtihad ( dari 20 hari tersebut ) statusnya adalah sebagai qodlo dari sholat hari sebelumnya. Dan sholat subuh yang hari pertama menjadi sholat sunah mutlaq. Sebagaimana keterangan kitab Kasyifatussaja Halaman 50 : “ Berbeda dengan masalah ketika seseorang sholat dengan ijtihad kemudian ternyata sholatnya itu jatuh sebelum waktunya, dalam hal ini apabila orang tersebut mempunyai tanggungan sholat qodlo yang sama jenisnya , maka sholat tersebut statusnya menjadi qodlo sholat yang ia tanggung. Apabila tidak demikian ( tidak punya tanggungan qoldo, maka menjadi sholat sunah mutlaq. Lalu jika ia sholat subuh setiap hari dengan ijtihad pada waktu itu sebelum masuknya waktu, maka baginya tidak wajib kecuali mengqodloi sholat subuh hari terakhir saja, karena sholat subuh yang ia kerjakan setiap harinya dengan ijtihad ( dari 20 hari tersebut ) statusnya adalah sebagai qodlo dari sholat hari sebelumnya. Dan sholat subuh yang hari pertama menjadi sholat sunah mutlaq ”.    

٣). هل تبطل الصلاة بالمضغ الكثير ، ولم يصل إلى الجوف شيء من الممضوغ ؟

ج- تبطل لأنه من الفعل الكثير كما في الفقه الإسلامي وأدلته الجزء الثاني صـ ٢٠٠ : وقال الشافعية والحنابلة : تبطل الصلاة بتعمد تناول قليل الأكل، لشدة منافاته للصلاة؛ لأن ذلك يشعر بالإعراض عنها، ولا تبطل بتناول قليل الأكل ناسياً أو جاهلاً تحريمه،وتبطل بكثير الأكل ولو مع النسيان والجهل في الأصح، ولو مفرقاً، بخلاف الصوم، فإنه لا يبطل بذلك. كما تبطل بكثير المضغ، وإن لم يصل إلى الجوف شيء من الممضوغ. وتبطل في الأصح ببلع ذوب سُكَّرة بفمه، لمنافاته للصلاة. ولا يضر ما وصل مع الريق إلى الجوف من طعام بين أسنانه، إذا عجز عن تمييزه ومجه. وفي فتاوى الرملي الجزء الأول صـ ٤٦٥ : وعبارة أنوار الأردبيلي والخطوات الثلاث المتوالية والوثبة الفاحشة والمضغ الكثير ، وإن خلا عن ابتلاع ، ودفع المار ثلاث مرات متواليات كثيرة تبطل وإن سها أو جهل

3). Apakah sholat itu batal sebab mengunyah makanan yang banyak tapi sesuatu yang dikunyah itu tidak ada yang sampai pada jauf ( anggota dalam ) ?

JAWAB
Sholatnya batal, karena mengunyah itu termasuk perbuatan yang dianggap banyak. Sebagaimana keterangan dalam kitab Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatihi Juz II Halaman 200 : “ Syafi’iyyah dan Hanabilah berkata : sholat itu batal dengan sengaja memakan makanan yang sedikit, sebab hal itu dianggap terlalu menafikan sholat, alasannya hal tersebut menunjukkan seseorang menoleh dari sholat. Dan tidak batal sebab memakan makanan yang sedikit karena lupa atau tidak tau keharamannya, dan batal sebab makan yang banyak walaupun karena lupa atau tidak tau menurut pendapat yang paling shohih dan walaupun ( dalam memakan ) itu dipisah-pisah ( tidak berturut-turut ), beda halnya dengan puasa yang tidak batal sebab hal tersebut ( makan yang banyak karena lupa atau tidak tau ) seperti halnnya batalnya sholat sebab banyak mengunyah makanan walaupun sesuatu yang dikunyah tidak sampai pada jauf. Dan sholat itu batal menurut pendapat ashoh sebab menelan sisa remukan gula yang ada didalam mulut, karena hal itu dapat menafikan sholat. Dan tidak bahaya suatu makanan yang ada disela-sela gigi  yang sampai pada jauf ( perut ) bersamaan dengan ludah jika memang tidak mampu untuk membedakan/memisahkan dan memuntahkannya ”. dan juga didalam Fatawi Al-Romli Juz I Halaman 465 : “ adapaun ibarot Anwar Al-Ardabili yaitu : “ tiga langkah kaki yang berturut-turut, melompat yang dianggap terlalu, mengunyah sesuatu yang banyak walaupun tidak menelan, dan menolak orang yang lewat tiga kali berturut-turut yang banyak, semua itu dapat membatalkan sholat walaupun dalam keadaan lupa atau tidak tau ”.

٤). هل يبطل الصلاة التصفيق المؤدي إلى توالي الحركات الكثيرة ؟

ج- لا ، لأن الحركة المطلوبة لا تعد في المبطل كما قال الشيخ أبو بكر ابن السيد محمد شطا الدمياطي في إعانة الطالبين الجزء الأول صـ ٢٤٩ : لكن اغتفر الجمال الرملي توالي التصفيق والرفع في صلاة العيد وهذا يقتضي أن الحركة المطلوبة لا تعد في المبطل

4). Apakah membatalkan sholat, menepuk tangan yang mengakibatkan pergerakan banyak yang berturut-turut ?

JAWAB
Tidak membatalkan, karena pergerakan yang dianjurkan itu tidak dianggap sebagai perkara yang membatalkan sholat. Sebagaimana perkataan Syekh Abu Bakar Ibnu Sayyid Muhammad Syatho Ad-Dimyati dalam kitab Ianatut Tholibin Juz I Halaman 249 : “ Akan tetapi Imam Al-Jamal Al-Romli memberi toleransi masalah berturut-turutnya menepuk tangan ( mengingatkan imam ) dan mengangkat tangan didalam sholat ied. Dan ini memberi kesimpulan bahwa pergerakan yang dianjurkan itu tidak dianggap sebagai perkara yang membatalkan sholat ”.  


والله أعلم
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Iklan