masukkan script iklan disini
1.
STANDAR BAHAN YANG BISA UNTUK MENYAMAK
Dalam
literatur fiqh diterangkan bahwa cara menyamak kulit bangkai selain anjing dan
babi adalah menghilangkan kotoran-kotoran
yang masih terdapat pada kulit bangkai. Disamping itu, cara menghilangkannya dengan menggunakan الْحِرِّيْفُ. Sebatasmana yang dinamakan الْحِرِّيْفُ?
Jawab: Hirrîf
adalah setiap sesuatu yang mempunyai rasa pahit dan sepet baik dari benda suci
atau najis seperti kotoran burung, daun salam atau daun akasia.
Referensi:
& تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجرء 1 صحـ : 309 مكتبة دار إحياء
التراث العرابي
( بِحِرِّيفٍ ) وَهُوَ مَا يَلْذَعُ اللِّسَانَ بِحَرَافَتِهِ كَقَرَظٍ وَشَبٍّ بِالْمُوَحَّدَةِ وَشَثٍّ
بِالْمُثَلَّثَةِ وَذَرْقِ طَيْرٍ لِلْخَبَرِ الْحَسَنِ يُطَهِّرُهَا أَيِ الْمَيْتَةَ
الْمَاءُ وَالْقَرَظُ اهـ
2.
MENYAMAK DENGAN TERIK MATAHARI
Karena
permintaan tas kulit macan tutul dari kosumen begitu membengkak, para perajin
tas berinisiatif menyamak kulit tutul dengan cara dikeringkan di bawah terik
matahari. Dengan tujuan supaya bisa memasok tas sebanyak-banyaknya. Apakah
dianggap cukup menyamak dengan praktek di atas?
Jawab: Belum cukup, karena terik matahari tidak mampu
menghilangkan kotoran yang nempel pada kulit. Namun menurut Imam Abu Hanîfah
mengeringkan kulit dengan matahari dianggap cukup.
Referensi:
& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 143 مكتبة دار الكتب
العلمية
وَلا يَكْفِي التَّجْمِيْدُ بِالتُّرَابِ وَلا بِالشَّمْسِ وَنَحْوِ
ذَلِكَ مِمَّا لا يَنْزَعُ الْفُضُولَ وَإِنْ جَفَّ الْجِلْدُ وَطَابَتْ
رَائِحَتُهُ ِلأنَّ الْفُضُلاَتِ لَمْ تَزَلْ وَإِنَّمَا جَمَدَتْ بِدَلِيلِ
أَنَّهُ لَوْ نُقِعَ فِي الْمَاءِ عَادَتْ إلَيْهِ الْعُفُونَةُ وَيَصِيرُ
الْمَدْبُوغُ كَثَوْبٍ مُتَنَجِّسٍ لِمُلاقَاتِهِ لِلأَدْوِيَةِ النَّجِسَةِ اهـ
& ترشيح المستفيدين صحـ : 39 مكتبة الحرمين
وَلَيْسَ لِلنَّارِ وَالشَّمْسِ فِي إِزَالَةِ النَّجَاسَةِ تَأْثِيْرًا
إِلاَّ عِنْدَ أَبِيْ حَنِيْفَةَ حَتَّى أَنَّ جِلْدَ الْمَيِّتَةِ إِذَا جِفَّ فِي
الشَّمْسِ طَهُرَ عِنْدَهُ بِلاَ دَبْغٍِ اهـ
3.
PIPA ROKOK DARI GADING GAJAH
Bagi orang
yang berduit, segala sesuatu yang sulit akan menjadi mudah, apapun yang
diinginkan semuanya akan bisa ia dapatkan. Bahkan, kekuatan dan pengaruh dari
uang dapat menyulap gading gajah menjadi pipa roko’. Bagaimana hukum
menggunakan pipa rokok yang terbuat dari gading gajah?
Jawab: Hukumnya makruh, jika tulang tersebut dalam keadaan
kering. Namun bila basah, maka haram. Menurut Abu Hanîfah tulang atau gading
gajah hukumnya suci.
Referensi:
& المجموع الجزء 1 صحـ : 83 مكتبة مطبعة المنيرية
وَسَيَأْتِيْ كَلامُ اْلأَصْحَابِ إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى فِي
عَظْمِ الْفِيْلِ أَنَّهُ يُكْرَهُ اسْتِعْمَالُهُ فِي الْيَابِسِ وَلا يَحْرُمُ
وَمِمَّنْ صَرَّحَ فِي عَظْمِ الْفِيْلِ بِكَرَاهَةِ اسْتِعْمَالِهِ فِي
الْيَابِسِ وَتَحْرِيْمِهِ فِي الرَّطْبِ الشَّيْخُ نَصْرٌ فَدَلَّ أَنَّ
مُرَادَهُ هُنَا اسْتِعْمَالُهُ فِي الرَّطْبِ وَأَمَّا قَوْلُ الْعَبْدَرِيِّ لا
يَجُوزُ اسْتِعْمَالُهُ قَبْلَ الدِّبَاغِ فِي الْيَابِسَاتِ عِنْدَنَا وَعِنْدَ
أَكْثَرِ الْعُلَمَاءِ فَغَلَطٌ مِنْهُ وَصَوَابُهُ أَنْ يَقُولَ فِي
الرَّطَبَاتِ اهـ
& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 100 مكتبة دار الفكر
( وَعَظْمُ ) الْحَيَوَانَاتِ ( الْمَيِّتَةِ وَشَعْرُهَا )
وَقَرْنُهَا وَظُفْرُهَا وَظِلْفُهَا ( نَجِسٌ ) لِقَوْلِهِ تَعَالَى { حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ
الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ } قَوْلُهُ ( وَقَرْنُهَا ) وَكَذَا سِنُّهَا وَحَافِرُهَا
وَقَدْ يَشْمَلُ جَمِيعَ ذَلِكَ الْعَظْمُ وَحِينَئِذٍ فَيَكُوْنُ مِنْ عَطْفِ
الْجُزْءِ عَلَى كُلِّهِ وَكَذَا لَبَنُهَا وَبَيْضُهَا إنْ لَمْ يَتَصَلَّبْ
وَمِسْكُهَا إنْ لَمْ يَتَهَيَّأْ لِلْوُقُوْعِ وَقَالَ أَبُوْ حَنِيفَةَ
وَأَحْمَدُ بِطَهَارَةِ الشَّعْرِ وَالصُّوْفِ وَالْوَبَرِ زَادَ أَبُوْ حَنِيفَةَ
فَقَالَ بِطَهَارَةِ الْقَرْنِ وَالسِّنِّ وَالْعَظْمِ وَالرِّيْشِ إذْ لاَ رُوْحَ
فِيهِ وَقَالَ مَالِكٌ بِطَهَارَةِ الشَّعْرِ وَالصُّوْفِ وَالْوَبَرِ مُطْلَقًا
سَوَاءٌ كَانَ يُؤْكَلُ لَحْمُهُ كَالنَّعَمِ أَوْ لاَ يُؤْكَلُ كَالْكَلْبِ
وَالْحِمَارِ اهـ شَعْرَانِيٌّ فِي الْمِيزَانِ اهـ
4.
MENGKONSUMSI KULIT YANG DISAMAK
Menyamak
adalah salah satu cara yang ditawarkan syariat untuk mensucikan kulit bangkai,
baik kulit bangkai hewan yang halal dagingnya ataupun yang tidak, kecuali kulit
anjing dan babi serta peranakannya. Apakah diperbolehkan mengkonsumsi kulit
yang sudah disamak?
Jawab: Ada tiga pendapat
ulama' dalam hal ini:
@
Pertama, pendapat yang
kuat ( الأصح ), haram
mengkonsumsinya.
@
Kedua, mutlak boleh
memakannya.
@
Ketiga, diperinci; jika
hewan tersebut berasal dari hewan yang halal dimakan, maka boleh
mengkonsumsinya. Jika bukan, maka haram.
Referensi:
& المجموع الجزء 9 صحـ : 41 مكتبة مطبعة المنيرية
جِلْدُ الْمَيْتَةِ الْمَدْبُوغُ فِي أَكْلِهِ ثَلاثَةُ أَقْوَالٍ
أَوْ أَوْجُهٍ سَبَقَتْ فِي بَابِ اْلآنِيَةِ أَصَحُّهَا أَنَّهُ حَرَامٌ
وَالثَّانِيْ حَلالٌ وَالثَّالِثُ إنْ كَانَ جِلْدَ حَيَوَانٍ مَأْكُوْلٍ فَحَلالٌ
وَإِلاَّ فَلاَ اهـ
& المجموع الجزء 1 صحـ : 284 مكتبة مطبعة المنيرية
قَالَ الْمُصَنِّفُ رحمه الله تعالى وَهَلْ يَجُوْزُ أَكْلُهُ
يُنْظَرُ فَإِنْ كَانَ مِنْ حَيَوَانٍ يُؤْكَلُ فَفِيْهِ قَوْلاَنِ قَالَ فِي
الْقَدِيْمِ لا يُؤْكَلُ لِقَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم { إنَّمَا حَرُمَ مِنْ
الْمَيْتَةِ أَكْلُهَا } وَقَالَ فِي الْجَدِيْدِ يُؤْكَلُ ِلأنَّهُ جِلْدٌ
طَاهِرٌ مِنْ حَيَوَانٍ مَأْكُوْلٍ فَأَشْبَهَ جِلْدَ الْمُذَكَّى وَإِنْ كَانَ
مِنْ حَيَوَانٍ لا يُؤْكَلُ لَمْ يَحِلَّ أَكْلُهُ ِلأنَّ الدِّبَاغَ لَيْسَ
بِأَقْوَى مِنْ الذَّكَاةِ وَالذَّكَاةُ لا تُبِيْحُ مَا لاَ يُؤْكَلُ لَحْمُهُ فَلَأَنْ
لاَ يُبِيْحَهُ الدِّبَاغُ أَوْلَى وَحَكَى شَيْخُنَا أَبُو حَاتِمٍ الْقَزْوَينِْيُّ
عَنْ الْقَاضِي أَبِي الْقَاسِمِ بْنِ كج أَنَّهُ حَكَى وَجْهًا آخَرَ أَنَّهُ
يَحِلُّ ِلأَنَّ الدِّبَاغَ عَمِلَ فِي تَطْهِيرِهِ كَمَا عَمِلَ فِي تَطْهِيرِ
مَا يُؤْكَلُ فَعَمِلَ فِي إبَاحَتِهِ بِخِلافِ الذَّكَاةِ اهـ
5.
KULIT YANG TERKELUPAS DARI HEWAN HIDUP
Dalam dunia
peternakan hewan liar, sering kali terjadi perkelaihan antara hewan satu dengan
yang lain. Sehinggga terkadang menyebabkan terkelupasnya kulit, bahkan fatalnya
sampai titik kematian. Apakah kulit hewan yang terpisah dari hewan yang masih
hidup bisa disamak seperti halnya kulit bangkai?
Jawab: Ya, bisa disamak.
Referensi:
& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 99 مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ ( الْمَيِّتَةِ ) أَيْ وَكَذَا جُلُودُ الْحَيِّ الَّذِيْ
يَنْجُسُ بِالْمَوْتِ وَإِنَّمَا قَيَّدَ بِالْمَيِّتَةِ لِلْغَالِبِ فَلَوْ
سُلِخَ جِلْدُهُ مَعَ حَيَاتِهِ طَهُرَ أَيْضًا بِالدِّبَاغِ اهـ م د
6.
HUKUM BULU YANG TERSISA SETELAH DISAMAK
Para perajin, umumnya bervariasi dalam menyamak kulit
hewan agar menghasilkan motif dan corak yang menarik konsumen. Salah satunya
dengan cara menyamak kulit yang bulu-bulunya masih utuh tanpa dihilangkan
supaya terkesan hidup. Bagaimana setatus bulu-bulu yang tersisa di kulit yang
sudah disamak?
Jawab: Hukumnya di-ma’fû jika bulu yang tersisa tersebut
sedikit. Namun bila masih banyak maka hukumnya najis. Menurut Imam Syubki
hukumnya suci walaupun bulunya banyak.
Referensi:
& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 100 مكتبة دار الفكر
وَخَرَجَ بِالْجِلْدِ الشَّعْرُ لِعَدَمِ تَأَثُّرِهِ بِالدَّبْغِ
قَالَ النَّوَوِيُّ وَيُعْفَى عَنْ قَلِيلِهِ قَوْلُهُ ( وَيُعْفَى عَنْ قَلِيْلِهِ
) فَهُوَ نَجِسٌ مَعْفُوٌّ عَنْهُ خِلافًا لِمَنْ قَالَ طَاهِرٌ تَبَعًا
لِلْجِلْدِ كَدَنِّ الْخَمْرِ لِلْفَرْقِ فَإِنَّ الْقَوْلَ بِطَهَارَةِ دَنِّ
الْخَمْرَةِ لِلضَّرُورَةِ إذْ لَوْلاَ الْحُكْمُ بِطَهَارَتِهِ لَمْ يُوجَدْ
طَهَارَةُ خَلٍّ أَصْلاً عَنْ خَمْرٍ وَلا ضَرُورَةَ إلَى طَهَارَةِ الشَّعْرِ ِلإِمْكَانِ
إزَالَتِهِ وَِلأنَّهُ يُنْتَفَعُ بِالْجِلْدِ لاَ مِنْ جِهَةِ الشَّعْرِ أَمَّا
الْكَثِيرُ فَلاَ يُعْفَى عَنْهُ أَصْلاً عَلَى الْمُعْتَمَدِ وَاخْتَارَ السُّبْكِيُّ
تَبَعًا لِلنَّصِّ وَجَمْعٌ مِنَ اْلأَصْحَابِ طَهَارَةَ الشَّعْرِ وَإِنْ كَثُرَ
وَقَالَ هَذَا لاَ شَكَّ فِيهِ عِنْدِيْ وَهَذَا الَّذِيْ أَعْتَقِدُهُ وَأُفْتَي
بِهِ اهـ سم وَبِهِ قَالَ الأَمَامُ أَبُوْ حَنِيفَةَ اهـ
والله أعلم